Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Riau Kepri Apresiasi Debitur UMKM Lewat Award

PT Bank Riau Kepri kembali memberikan apresiasi kepada debitur terbaiknya di sektor UMKM dalam bentuk Bank Riau Kepri UMKM Awards 2016.
/bankriaukepri.co.id
/bankriaukepri.co.id

Bisnis.com, PEKANBARU -- PT Bank Riau Kepri kembali memberikan apresiasi kepada debitur terbaiknya di sektor UMKM dalam bentuk Bank Riau Kepri UMKM Awards 2016.

Direktur Utama Bank Riau Kepri Irvandi Gustari mengatakan kegiatan ini adalah acara tahunan dan terus ditingkatkan apresiasinya kepada debitur.

"Kegiatan awards ini sebagai bentuk upaya kami mendorong pengembangan UMKM di Riau, di tengah tantangan perlambatan ekonomi saat ini," katanya kepada Bisnis, Selasa (25/10/2016).

Irvandi mengatakan tahun ini kembali pihaknya memberikan apresiasi kepada empat kategori debitur yaitu usaha mikro produksi dan industri, usaha mikro perdagangan dan jasa.

Lalu usaha kecil produksi dan industri, serta usaha kecil perdagangan dan jasa.

Masing-masing kategori itu akan dipilih lima pemenang, yang penjuriannya dilakukan oleh tim independen.

"Proses penjurian dan penilaian dilakukan secara terbuka dan tranpasaran, oleh berbagai ahli seperti pemerintahan, asosiasi, hingga akademisi," katanya.

Sementara itu Ketua Tim Juri yang juga Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Riau Darius Husain mengatakan pihaknya yakin dengan tiga sukses awal yang dijalankan oleh bank daerah, sudah dapat mendorong perekonomian tetap tumbuh.

"Tiga sukses itu adalah sukses penyaluran kredit, sukses pengembangan kredit, dan sukses pengembalian kredit, dampaknya mendorong pertumbuhan dan aktifitas ekonomi di masyarakat," katanya.

Darius menjelaskan, tim juri sudah memulai proses penyeleksian sejak 24 Juni lalu, yaitu menyaring 169 debitur unggulan yang diajukan Bank Riau Kepri, menjadi 40 besar debitur dari 4 kategori penghargaan.

Setelah tahap ini, tim juri melakukan peninjauan langsung mendatangi debitur atau unit usahanya, untuk melihat proses kerja dan manajemen usaha yang dijalankan.

Lewat tahapan ini, tim juri dapat menilai dengan baik mana usaha atau debitur yang memenuhi kriteria sebagai penerima penghargaan Bank Riau Kepri UMKM Awards 2016.

Beberapa poin penting yang dilihat dari debitur atau pengusaha pemenang penghargaan ini yaitu, jumlah tenaga kerja, kedisiplinan pengembalian kredit, dan hubungan usaha dengan bank.

Setelah tahapan itu, tim juri akhirnya memutuskan 20 debitur terbaik, yang dibagi ke dalam empat kategori sehingga tiap kategori ada lima pemenang.

"5 pemenang atau 5 debitur terbaik di empat kategori inilah yang akan diumumkan pada malam puncak UMKM Awards 2016, 28 Oktober mendatang," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper