Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Maybank Indonesia Kucurkan Rp950 Miliar ke Waskita Karya

Bank Maybank menyediakan fasilitas pembiayaan dengan akad syariah musyarakah senilai Rp950 miliar kepada PT Waskita Karya (Persero) Tbk. untuk pembangunan infrastruktur.
Maybank/Reuters-Bazuki Muhammad
Maybank/Reuters-Bazuki Muhammad

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Maybank Indonesia Tbk menyediakan fasilitas pembiayaan dengan akad syariah musyarakah senilai Rp950 miliar kepada PT Waskita Karya (Persero) Tbk. untuk pembangunan infrastruktur.

Head Public Sector & Energy Maybank Indonesia Ricky Antariksa mengatakan fasilitas pembiayaan syariah itu ditujukan bagi ekspansi bisnis Waskita Karya, khususnya untuk membiayai modal kerja pembangunan proyek infrastruktur strategis.

“Penyediaan fasilitas pembiayaan syariah selaras dengan strategi Sharia First yang dijalankan Maybank Indonesia, khususnya dalam memberikan pilihan fasilitas syariah kepada mitra nasabah dalam mendukung ekspansi bisnis,” katanya dalam keterangan resmi pada Rabu (26/10/2016).

Kemitraan strategis dengan Waskita Karya disebutkannya telah menjadi bagian dari upaya Maybank Indonesia untuk berperan aktif dalam mengembangkan industri perbankan syariah nasional serta mendukung pengembangan bisnis mitra perseroan, khususnya di bidang jasa konstruksi.

Ricky juga menyatakan kerjasama dalam bentuk pemberian fasilitas pembiayaan syariah juga menunjukkan bahwa industri perbankan mendukung sektor jasa konstruksi di tengah maraknya pembangunan proyek infrastruktur.

Dari sisi kinerja, Unit Usaha Syariah (UUS) Maybank Indonesia mencatatkan pertumbuhan laba bersih senilai 43,9% menjadi Rp344 miliar pada kuartal III/2016.

Total pembiayaan tumbuh 39,3% secara tahunan dari Rp8,1 triliun menjadi Rp11,3 triliun, sementara total simpanan tumbuh 80,3% secara tahunan dari Rp5,6 triliun menjadi Rp10,1 triliun.

Total aset UUS Maybank Indonesia naik 33,5% secara tahunan menjadi Rp17,8 triliun dan memberi kontribusi 10,9% dari total aset bank.

Direktur Keuangan Waskita Karya Tunggul Rajagukguk menuturkan perseroan nantinya menggunakan pembiayaan dari Maybank Indonesia untuk pembangunan konstruksi infrastruktur.

Adapun, perolehan kontrak Waskita Karya disebutkan tumbuh secara signifikan, yakni mencapai Rp95 triliun pada September 2016.

“Dengan kontrak tersebut, kami membutuhkan dukungan pendanaan, terutama perbankan. Kerjasama dengan Maybank Indonesia ini diharapkan terus berlanjut, sehingga kami dapat menyelesaikan kontrak pembangunan infrastruktur secara tepat waktu,” kata Rajagukguk.

Waskita Karya diketahui telah mendapatkan kontrak untuk beberapa proyek strategis termasuk infrastruktur, seperti pembangunan jalan tol Becakayu, jalan tol Pejagan-Pemalang, jalan tol Solo-Ngawi, jalan tol Ngawi-Kertosono, proyek Transmisi 500 KV Sumatra New Aur Duri-Peranap, serta jalan tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper