Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Mandiri & HSBC Teken GMRA Indonesia

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. dan Hongkong & Shanghai Banking Corporation (HSBC) menandatangani kerjasama transaksi Global Master Repo Agreement (GMRA) Indonesia untuk memperkuat likuiditas perseroan.

Bisnis.com, JAKARTA–PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. dan Hongkong & Shanghai Banking Corporation (HSBC) menandatangani kerjasama transaksi Global Master Repo Agreement (GMRA) Indonesia untuk memperkuat likuiditas perseroan.

Penandatanganan kerjasama fasilitas tersebut dilakukan oleh SVP Treasury Bank Mandiri Farida dan Head of Global Markets HSBC Indonesia Ali Setiawan serta disaksikan Kepala Departemen Pengembangan Pasar Keuangan Bank Indonesia Nanang Hendarsyah di Jakarta, Kamis (10/11/2016).


Pemberian fasilitas ini merupakan implementasi dari Peraturan OJK Nomor 9/POJK.04/2015 tanggal 25 Juni 2015 dan Surat Edaran OJK Nomor 33/SEOJK.04/2015  tanggal 23 November 2015 mengenai transaksi repo.


Pada regulasi yang berlaku sejak 1 Januari 2016 itu, seluruh transaksi repo yang dilakukan oleh lembaga keuangan dengan menggunakan Surat Berharga yang diawasi oleh OJK, wajib menggunakan GMRA Indonesia.


Menurut Farida, transaksi repo ini dapat menjadi salah satu sumber pendanaan dan alternatif penempatan dana di pasar uang antar bank sehingga mampu mendukung upaya pendalaman sektor keuangan Indonesia.

 
”Dengan penandatanganan GMRA ini, Kami akan memiliki alternatif penempatan dana atau sumber dana yang dapat digunakan untuk pengelolaan likuiditas,” kata Farida.


Transaksi repo di Indonesia telah mengalami transformasi. Berawal pada tahun 2013 dengan ditandatanganinya Mini MRA (Master Repo Agreement) oleh 8 bank pionir yang salah satunya adalah Bank Mandiri.


Selama periode pasca penandatanganan mini MRA sampai dengan akhir 2015, lanjut Farida, volume transaksi repo Bank Mandiri mencapai Rp82 triliun, baik dengan bank lokal, bank asing maupun BPD.


Saat ini, Bank Mandiri telah menandatangani GMRA Indonesia dengan 52 Bank terdiri dari 26 BPD, 23 Bank Lokal dan 3 Bank Asing. Adapun transaksi GMRA Indonesia yang dilakukan Bank Mandiri hingga September 2016 mencapai Rp33 triliun


"Lewat kemudahan bertransaksi, kami yakin pasar uang antar bank akan lebih dalam dan tahan terhadap gejolak, sekaligus memberikan fleksibilitas yang lebih tinggi bagi perbankan dalam pengelolaan likuiditas," ujar Farida.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper