Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BTN Jatim Kejar Penyaluran KPR Rp6 Triliun

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau Bank BTN di wilayah Regional Office II (Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara) tengah mengejar kinerja penyaluran kredit pemilikan rumah/apartemen (KPR/KPA) sebesar Rp6 triliun Rp7 triliun hingga akhir tahun ini.
Foto ilustrasi perumahan. / Bisnis Rahman
Foto ilustrasi perumahan. / Bisnis Rahman

Bisnis.com, SURABAYA – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau Bank BTN di wilayah Regional Office II (Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara) tengah mengejar kinerja penyaluran kredit pemilikan rumah/apartemen (KPR/KPA) sebesar Rp6 triliun – Rp7 triliun hingga akhir tahun ini.

VP dan Wakil Kepala Wilayah Bank BTN Regional II Reinhard Harianja mengatakan dari penyaluran tersebut setidaknya ada sekitar 34.000-35.000 unit proyek rumah maupun apartemen yang dijual oleh para pengembang di Jatim, Bali dan Nusra.

“Sampai Oktober 2016, penyaluran KPR/KPA dari BTN di wilayah kami sudah mencapai Rp4,4 triliun atau sekitar 26.000 unit, di mana 80% adalah rumah tapak dan 20% adalah apartemen. Kami optimistis sampai akhir tahun ini tercapai dan perlu 8.000 unit lagi,” katanya kepada Bisnis, Kamis (17/11/2016).

Dia mengatakan salah satu cara agar target penyaluran kredit rumah tersebut adalah rutin menggelar pameran properti yang dinilai mampu mempertemukan antara pembeli rumah dan pengembang yang memiliki proyek properti.

“Tanpa kegiatan pameran rasanya akan sulit masyarakat untuk mengetahui proyek-proyek rumah yang dibutuhkan. Apalagi kami dari BTN menyiapkan program-program khusus KPR selama pameran yang akan menarik pembeli,” jelasnya.

Misalnya, lanjut Reinhard, BTN menyiapkan bunga khusus 5% fixed 1 tahun bagi pembeli selama pameran berlangsung, jangka waktu kredit yang mencapai 25 tahun, bebas biaya administrasi serta undian berhadiah lainnya bagi pembeli rumah/apartemen.

“Dan yang paling penting adalah persetujuan kredit dari BTN yang hanya 1 jam. Hal ini penting karena bagi pengembang kalau si pembeli sudah disetujui oleh bank berarti ada kepastian, begitu juga bagi pembelinya juga ada kecepatan,” jelasnya.

Adapun tahun ini BTN Regional II tengah menggelar pameran properti dengan menghadirkan sejumlah pengembang dari berbagai daerah di Jatim, Bali dan Nusra. Pameran yang berlangsung selama 5 hari mulai 15 November 2016 tersebut digelar di JX Expo Surabaya.

“Pameran seperti ini akan kami buat setiap tahun dan bisa digelar bergantian di setiap daerah. Selama pameran ini kami berharap ada 6.000 pengunjung, yang 50% nya  diharapkan terjadi transaksi dengan pengembang,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Peni Widarti
Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper