Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Per Oktober 2016, BNI Salurkan KUR Petani Tebu Rp184,8 Miliar

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI merilis hingga Oktober 2016 telah menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) di sektor pertanian khusus komoditas tebu mencapai Rp184,8 miliar.
Petani Tebu Rakyat/Ilustrasi-Antara
Petani Tebu Rakyat/Ilustrasi-Antara

Bisnis.com, SURABAYA – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI merilis hingga Oktober 2016 telah menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) di sektor pertanian khusus komoditas tebu mencapai Rp184,8 miliar.

Direktur Utama BNI Achmad Baiquni mengatakan penyaluran tersebut telah mencakup sekitar 688 debitur petani tebu di 43 pabrik gula (PG) di Jawa Timur. Adapun untuk portofolio kredit pertanian dan perkebunan secara nasional mencapai Rp1,6 triliun, yang terdiri dari Rp1,4 triliun untuk perkebunan dan Rp196 miliar untuk pertanian.

“Untuk portofolio per komoditas secara nasional sampai dengan Oktober ini pembiayaan tertinggi terdapat pada pembiayaan sawit dan tebu,” katanya dalam siaran pers, Kamis (17/11/2016).

Guna meningkatkan kinerja kredit usaha di sektor pertanian, BNI memberi dukungan kepada petani tebu dan sektor industri gula atau PG berupa Kartu Tani dan aplikasi android Mitra Tani dan mesin i-Kios di PG Assembagoes milik PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XI di Situbondo.

Dukungan KUR melalui Kartu Tani tersebut juga diberikan oleh bank pemerintah lain seperti Bank Mandiri dan BRI dibawah naungan Himpunan Bank Milik Negara (Himbara).

Fungsi utama dari aplikasi tersebut adalah sebagai alat memonitoring aktivitas dan produktivitas kebun tebu yang nantinya dapat memudahkan para petani tebu untuk melakukan pengecekan daftar kebun, hasil produksi/panen, kemudahan akses informasi secara real time petani mitra PTPN XI, informasi data produksi tebu, informasi Rendemen, informasi hasil gula dan tetes serta informasi hasil pembayaran.

Kartu Tani yang diterbitkan BNI tersebut juga memiliki berbagai manfaat tambahan seperti untuk membeli pupuk dan benih bersubsidi, menjadi sarana simpan pinjam, serta melakukan transaksi finansial. Sampai dengan saat ini total BNI Kartu Tani yang telah tersalurkan adalah 648 kartu.

“Berbagai dana subsidi dan penerimaan hasil penjualan produk pertanian dari BUMN pangan akan dapat ditampung melalui Kartu Tani tersebut, sehingga mengurangi uang yang beredar. Langkah ini akan menjadi salah satu pendukung Gerakan Nasional Non Tunai,” imbuh Baiquni.

Dia menambahkan untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di kalangan petani, BNI telah membuka agen-agen Laku Pandai atau Agen46 di berbagai kelurahan/kecamatan dengan memanfaatkan badan usaha milik desa (BUMDes) serta e-Warong yang bekerja sama dengan Kementrian Sosial.

“Saat ini, Agen46 di seluruh Indonesia jumlahnya telah melebihi 12.000 agen yang bisa melayani transaksi perbankan seperti pembukaan rekening, setoran tunai, tarik tunai dan pembelian pulsa dan pembayaran tagihan,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Peni Widarti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper