Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BI Perkirakan Neraca Pembayaran Indonesia Surplus

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Mirza Adityaswara memperkirakan Neraca Pembayaran Indonesia (NPI) sepanjang 2016 mencapai surplus sekitar US$10 miliar atau berbalik positif setelah pada 2015 defisit US$1,1 miliar.
Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Mirza Adityaswara./BISNIS.COM
Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Mirza Adityaswara./BISNIS.COM

Bisnis.com, JAKARTA - Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Mirza Adityaswara memperkirakan Neraca Pembayaran Indonesia (NPI) sepanjang 2016 mencapai surplus sekitar US$10 miliar atau berbalik positif setelah pada 2015 defisit US$1,1 miliar.

"Dengan repatriasi dan capital inflow, tahun ini surplus secara keseluruhan bisa US$10 miliar atau bahkan lebih," kata Mirza dalam seminar Arah Kebijakan Bank Indonesia 2017 di Jakarta, Kamis (1/12/2016).

Sepanjang 2016, neraca pembayaran Indonesia mencatatkan tren positif dengan keberlanjutan surplus di pertengahan tahun setelah defisit akibat "pukulan ekonomi eksternal" tahun lalu.

Hanya pada kuartal I 2016, neraca pembayaran defisit sebesar US$300 juta. Kesenjangan itu karena masih lemahnya kinerja neraca perdagangan dan belum membaiknya arus modal asing.

Di kuartal II-2016, neraca pembayaran telah surplus sebesar US$2,2 miliar, dan selanjutnya pada kuartal III-2016, neraca pembayaran berlebih US$5,5 miliar.

Mirza meyakini dana repatriasi dari amnesti pajak akan semakin menggeliat hingga akhir tahun ini, dan diperkirakan komitmen sebesar Rp140 triliun periode pertama amnesti pajak (Juli-September 2016) bisa terealisasi.

Selain itu, Mirza juga melihat tren surplus neraca perdagangan hingga November 2016 akan memperkecil defisit transaksi berjalan.

Di kuartal III-2016, defiist transaksi berjalan mengecil menjadi 1,8% terhadap PDB atau sebesar US$4,5 miliar.

Mirza meyakini defisit transaksi berjalan sepanjang 2016 akan berada di 2%-2,5% dari PDB.

Neraca pembayaran merupakan indikator kegiatan transaksi ekonomi antara penduduk Indonesia dengan penduduk mancanegara. Transaksi NPI mencakup transaksi berjalan, transaksi modal, dan transaksi finansial.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper