Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Penyebab Suku Bunga Kredit Konsumsi Paling Tinggi

Suku bunga kredit konsumsi masih tercatat sebagai yang tertinggi dibanding kredit investasi dan modal kerja.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Suku bunga kredit konsumsi masih tercatat sebagai yang tertinggi dibanding kredit investasi dan modal kerja. 

Direktur Riset Kenta Institute Eric Sugandi mengatakan risiko kredit yang masih tinggi membuat suku bunga kredit konsumsi lebih tinggi ketimbang yang lain.

"Suku bunga kredit konsumsi lebih tinggi daripada suku bunga kredit investasi dan modal kerja karena bank-bank memandang risiko default dari kredit konsumsi ini lebih besar," katanya kepada Bisnis.com di Jakarta, Kamis (1/12/2016).

Terkait apakah suku bunga kredit konsumsi bisa dijadikan penopang laba bank, menurut Eric, hal tersebut tergantung pada share kredit konsumsi terhadap total kredit yang disalurkan suatu bank.

Apabila porsinya cukup besar maka bisa jadi pendorong laba. Namun bila porsinya kecil, walaupun suku bunganya tinggi tetap tidak bisa jadi penopang. "Idealnya dilihat per bank, bukan agregat," imbuhnya.

Berdasarkan Statistik Perbankan Indonesia yang dirilis Otoritas Jasa Keuangan (OJK) per September 2016, suku bunga kredit konsumsi tercatat sebesar 13,72%. Sedangkan kredit investasi dan modal kerja masing-masing sebesar 11,36% dan 11,62%.

Suku bunga kredit konsumsi menunjukkan tren penurunan sejak awal tahun. Dibanding Januari 2016 yang ada di posisi 13,94% suku bunga sudah turun sebanyak 22 basis poin.

Meskipun demikian, bila dibandingkan dengan kredit investasi dan modal kerja jumlah tersebut masih jauh. Sejak Januari suku bunga kredit investasi dan modal kerja sudah terpangkas masing-masing sebanyak 33 dan 86 basis poin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Abdul Rahman
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper