Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank BRI Kucurkan Kredit Pada PT Bukit Asam

PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. jalin kerja sama dengan memberikan fasilitas pendanaan sebesar US$ 135 Juta dan Rp. 800 Miliar kepada PT. Bukit Asam (PTBA)

Bisnis.com, JAKARTA – PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. jalin kerja sama dengan memberikan fasilitas pendanaan sebesar US$ 135 Juta dan Rp. 800 Miliar kepada PT. Bukit Asam (PTBA)

Direktur Kelembagaan Bank BRI Kuswiyoto menjelaskan bahwa kerja sama ini merupakan bentuk dari implementasi sinergi BUMN untuk mendukung program pemerintah dalam penyediaan energi.

"Pembiayaan ini merupakan komitmen dari Bank BRI untuk mendukung pertumbuhan industri strategis di Indonesia, seperti sektor pertambangan dan energi untuk memenuhi kebutuhan energi nasional yang diharapkan mampu mendorong pertumbuhan perekonomian," paparnya di acara penandatanganan kerjasama di kantor BRI Jakarta, (8/12)

Penandatanganan kerja sama ini dihadiri oleh Direktur Kelembagaan Bank BRI Kuswiyoto dan Direktur Keuangan PTBA Achmad Sudarto.

Dari pembiayaan tersebut, sebesar US$ 100 Juta berskim Kredit Modal Kerja untuk mendukung kebutuhan modal kerja operasional PTBA dan US$ 35 Juta sebagai forex line. Dengan adanya fasilitas lindung nilai yang diberikan oleh Bank BRI ini, PTBA dapat melakukan lindung nilai terhadap risiko nilai tukar melalui berbagai jenis transaksi seperti FX Forward, FX Swap, FX Option, baik untuk kebutuhan dollar dalam kegiatan operasional maupun investasi PTBA.

Sementara itu, Rp. 300 miliar sebagai jaminan atas impor yang dilakukan oleh PTBA dalam rangka pembelian batubara dan pembelian barang kebutuhan operasional diluar kebutuhan investasi baik dalam maupun luar negeri.

Selanjutnya, fasilitas Bank Garansi (BG) dan Stand By LC (SBLC) senilai Rp. 500 Milyar, dimana fasilitas BG digunakan untuk penerbitan Tender bond, Advance payment bond, performance bond,  dan BG lainnya dalam rangka kebutuhan operasional serta  SBLC digunakan untuk jaminan kepada supplier maupun rekanan PTBA dalam rangka kebutuhan operasional.

Sampai dengan akhir September 2016, Bank BRI menyalurkan kredit ke sektor pertambangan mencapai Rp. 6,5 Triliun. Secara keseluruhan, per akhir September 2016 perseroan telah menyalurkan kredit sebesar Rp. 603,4 Triliun, tumbuh sebesar 16,3% dari periode yang sama pada tahun lalu dengan NPL sebesar 2.22%.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper