Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Inflasi Tahun Depan Bisa Sentuh 4,2%

Laju inflasi tahun depan bisa meningkat dengan pada gejolak di administered price atau harga barang/jasa yang diatur oleh pemerintah sisi penyesuaian tarif listrik 900VA dan efek dari peningkatan harga minyak dunia pada tahun depan.
/Antara
/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Laju inflasi tahun depan bisa meningkat dengan gejolak di administered price atau harga barang/jasa yang diatur oleh pemerintah seperti penyesuaian tarif listrik 900VA dan efek dari peningkatan harga minyak dunia pada tahun depan.

Kepala Ekonom PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Anton Gunawan mengatakan kemungkinan meningkatnya harga minyak dunia pada level tertentu akan membuat pemerintah harus melakukan penyesuaian. Pada 2017, dia memproyeksikan pencapaian inflasi bisa menyentuh level 4,2%. 

"Ada peluang kenaikan harga minyak dunia sampai titik tertentu, pemerintah juga harus menyesuaikan terhadap harga bahan bakar minyak. Itu bisa mendorong inflasi tinggi," ucapnya, di Jakarta, Kamis (22/12/2016).

Ekonom PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Andry Asmoro menuturkan peningkatan harga komoditas akan mendorong pertumbuhan ekonomi, sekaligus menyebabkan proyeksi inflasi lebih tinggi.

Dari sisi APBN 2017, dia memperhitungkan setiap  kenaikan harga minyak sebesar US$1 per barel akan memberikan dampak ke penerimaan negara sebesar Rp800 miliar-Rp900 triliun, dengan catatan lifting minyak tidak turun dari target. 

Melihat suku bunga acuan Bank Indonesia yang kemungkinan bertahan di level 4,75% dan proyeksi inflasi 4,2%, masih terdapat selisih 50 basis poin sehingga positif untuk tetap menarik minat investor global. 

"Catatannya, pemerintah jaga inflasi di level 4,2%, kalau ke 5% jadi risiko. Apakah BI akan justru menaikkan atau tidak. Kalau 5%, BI akan menilai dari mana, apakah dari head inflation atau core inflasi," ujarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Veronika Yasinta
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper