Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Natal dan Tahun Baru, BI Sumbar Tidak Siapkan Pengadaan Uang Khusus

Menyambut Natal dan Tahun Baru, Bank Indonesia perwakilan Sumatra Barat, tidak menyiapkan pasokan uang khusus, mengingat kebutuhan uang baru diyakini tidak sebesar permintaan saat Lebaran.
Ilustrasi/Reuters
Ilustrasi/Reuters

Bisnis.com, PADANG—Menyambut Natal dan Tahun Baru, Bank Indonesia perwakilan Sumatra Barat, tidak menyiapkan pasokan uang khusus, mengingat kebutuhan uang baru diyakini tidak sebesar permintaan saat Lebaran.

Puji Atmoko, Kepala Perwakilan BI Sumbar menyebutkan permintaan untuk penukaran uang menyambut Natal dan Tahun Baru di daerah itu tidak sebesar saat Lebaran.

“Jadi kami tidak siapkan secara khusus. Tetapi kami jamin pasokan untuk penukaran di bank-bank terpenuhi,” katanya, Kamis (22/12/2016).

Menurutnya, berkaca dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya, permintaan penukaran uang di Sumbar untuk Natal dan Tahun Baru tidak terlalu tinggi.

Meski begitu, BI mengklaim kebutuhan untuk penukaran uang tersedia di Bank Indonesia setempat, dan menjamin tidak akan terjadi kekurangan.

Selain menjamin ketersediaan penukaran uang, BI juga meminta perbankan memastikan ketersediaan uang di ATM untuk menghadapi libur Natal dan Tahun Baru.

Kota Padang dan Bukittinggi, sebagai tujuan utama pariwisata di daerah itu akan dipadati wisatawan dari berbagai daerah di Tanah Air, sehingga memerlukan ketersediaan uang di layanan ATM.  

Adapun, setelah diluncurkannya uang rupiah emisi 2016 dengan desain baru, BI juga membuka layanan penukaran uang keliling, di sejumlah pasar di Kota Padang, sekaligus mensosialisakan uang baru tersebut kepada masyarakat.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Heri Faisal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper