Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TIPS FINANSIAL: Berencana Menikah Tahun Ini? Simak Trik Menghemat Biayanya

Biaya untuk menyelenggarakan pesta pernikahan di kota besar bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta. Angka yang lumayan bukan?
Ilustrasi/Abcnews
Ilustrasi/Abcnews

Biaya untuk menyelenggarakan pesta pernikahan di kota besar bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta. Angka yang lumayan bukan? Tak sedikit pasangan yang rela mengeluarkan uang dalam jumlah tersebut. Dengan adanya fenomena ini, maka tidak sedikit lembaga finansial yang akhirnya menawarkan pinjaman dana untuk keperluan pernikahan ini.

Anda sebetulnya dapat menghemat biaya pernikahan dengan melakukan beberapa trik berikut ini.

Kurangi jumlah tamu

Jumlah tamu yang Anda undang akan sangat berpengaruh pada pengeluaran dari berbagai sisi, mulai dari undangan hingga porsi makanan. Prioritaskan teman-teman dekat dan kerabat untuk datang ke pesta pernikahan Anda. Hal semacam ini memang agak berat untuk dipraktekan mengingat kebiasaan masyarakat yang mengundang semua tetangga untuk datang ke pesta pernikahan.

Namun, perlu Anda ingat bahwa dengan mengurangi 50-an orang tamu undangan saja, Anda bisa menghemat uang hingga jutaan. Misalnya harga per porsi makanan Rp 60.000 termasuk gubuk, Anda bisa hemat Rp 3 juta.

Resepsi dan upacara pernikahan di satu tempat

Langkah yang satu ini juga akan menghemat banyak biaya sekaligus menghemat waktu. Pilih satu tempat yang paling strategis dan cocok untuk melangsungkan resepsi dan upacara pernikahan sekaligus.

Kurangi pemakaian bunga asli untuk dekorasi

Penggunaan bunga segar bisa memakan biaya yang mahal. Untuk menyiasati ini, padukan dekorasi dengan bunga palsu. Atau, pilih lokasi outdoor dengan suasana hijau yang alami.

Manfaatkan teman yang punya keahlian

Manfaatkan teman yang punya keahlian di bidang dokumentasi, musik, atau bahkan make up artist. Cara ini cukup efektif untuk menekan pengeluaran karena biasanya teman akan memberikan harga spesial.

Tak perlu beli souvenir yang mahal

Biasanya, orang-orang jarang memanfaatkan souvenir pernikahan. Dengan begitu, pilihlah souvenir dengan harga murah tetapi tetap pantas untuk diberikan kepada para tamu undangan.

Membuat undangan digital

Tak perlu terlalu banyak mencetak undangan, sebagian bisa Anda kirimi undangan dalam bentuk digital. Ingat, tamu undangan tak akan berlama-lama menyimpan undangan pernikahan Anda.

Jadi, dengan tip di atas maka Anda diharapkan bisa menghemat biaya pernikahan di 2017 nanti. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : CekAja.com
Sumber : www.cekaja.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper