Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

2017, Anggaran Dana Desa di Riau Capai Rp1,3 Triliun

Pemprov Riau menyatakan anggaran dana desa yang diterima daerah itu pada tahun ini mencapai Rp1,3 triliun atau lebih tinggi dibandingkan tahun lalu.
Kondisi transportasi perdesaan./Ilustrasi
Kondisi transportasi perdesaan./Ilustrasi

Bisnis.com, PEKANBARU - Pemprov Riau menyatakan anggaran dana desa yang diterima daerah itu pada tahun ini mencapai Rp1,3 triliun atau lebih tinggi dibandingkan tahun lalu.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pembangunan Desa (BPM Bangdes) Provinsi Riau Sudarman mengatakan anggaran dana desa tahun ini mengalami peningkatan sesuai kebijakan pemerintah.

"Dari APBN tahun ini anggaran dana desa mengalami kenaikan. 2016 lalu sekitar Rp900 miliar lebih, tahun ini menjadi Rp1,3 triliun. Sementara anggaran di APBD Riau untuk dana desa tidak ada," katanya Rabu (11/1/2017).

Dia menjelaskan total anggaran Rp1,3 triliun itu akan disalurkan dalam tiga tahapan, untuk sebanyak 1.592 desa yang ada di Provinsi Riau. Penyaluran anggaran akan dilakukan dari kementerian langsung ke rekening pemerintah kabupaten, lalu berlanjut ke rekening pemerintah desa penerima dana.

Untuk nilai anggaran yang akan diterima masing-masing desa, menurut dia akan ada perbedaan tergantung luas wilayah, jumlah penduduk, dan jangkauan daerahnya.

Penyaluran tahap pertama diperkirakan pihaknya akan dilaksanakan pemerintah pada triwulan pertama tahun ini.

"Anggaran dana desa nilainya bervariasi, kami perkirakan setiap desa mendapatkan anggaran Rp600 juta - Rp700 juta. Pencairannya akan dimulai triwulan pertama tahun ini," katanya.

Adapun anggaran dana desa yang diterima pemerintah desa se-Provinsi Riau terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Pada 2015 lalu dana desa di Riau senilai Rp450 miliar, lalu naik dua kali lipat menjadi Rp900 miliar pada 2016.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper