Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wika Menangkan Tender Tol SerangPanimbang

Setelah melalui negosiasi yang ketat, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) menetapkan Konsorsium Wijaya Karya sebagai pemenang ruas Tol SerangPanimbang di Provinsi Banten dengan masa konsesi selama 40 tahun
CFO Wijaya Karya Steve Kosasih berkunjung ke kantor Bisnis Indonesia. / Bisnis-swi
CFO Wijaya Karya Steve Kosasih berkunjung ke kantor Bisnis Indonesia. / Bisnis-swi

Bisnis.com, JAKARTA - Setelah melalui negosiasi yang ketat, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) menetapkan Konsorsium Wijaya Karya sebagai pemenang ruas Tol Serang - Panimbang di Provinsi Banten dengan masa konsesi selama 40 tahun

Kepala Panitia Pelelangan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Eka Pria Anas mengatakan, Konsorsium WIKA sebagai pembidik tunggal ruas itu ditetapkan sebagai pemenang setelah tercapainya kesepakatan terkait dengan dukungan pemerintah.

Pemerintah, katanya, akan memberikan dukungan sesuai dengan dokumen perizinan lelang yang dikeluarkan Menteri PUPR Basoeki Hadimoeljono sebelumnya senilai Rp3 triliun.

Nilai itu setara bagi pengerjaan konstruksi sepanjang 33 km pada seksi II (Rangkasbitung-Bojong). Sisanya, sepanjang 51 km akan dibangun oleh konsorsium WIKA.

Adapun proses pengadaan lahan bagi ruas sepanjang 84 km belum berjalan, dan nantinya pembebasan akan dilakukan menggunakan dana talangan badan usaha terlebih dahulu

“Perkiraan kami semestinya pembebasan lahan akan berjalan relatif lebih mudah karena kan sebagian besar bukan daerah pemukiman,”katanya kepada Bisnis, Rabu (11/1/2017)

Sekretaris Perusahaan WIKA Suradi Wongso menjelaskan, telah terjadinya pergeseran komposisi kepemilikan dalam tubuh konsorsium, karena PT Pembangunan Perumahan Tbk mengalihkan sahamnya sebesar 10% kepada WIKA.

Kini, WIKA berposisi sebagai pengendali saham sebesar 90% dari semula 80%, selanjutnya PT PP 5% dan Jababeka 5%. Perseroan lanjutnya masih dalam proses membentuk anak usaha patungan.

“BUJT nya juga belum ada namanya masih proses penetapan,” ujarnya.

Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) ditargetkan dilaksanakan bersamaan dengan dua ruas lainnya yakni Cileunyi – Sumedang – Dawuan, serta Tebing Tinggi - Parapat pada kahir bulan ini

Tol Serang - Panimbang dengan nilai investasi Rp10,84 triliun terbagi menjadi dua porsi pembangunan yakni pemerintah dan BUJT.
Pembangunan tersebut dilakukan dalam tiga seksi yaitu, Seksi I (Serang-Rangkasbitung), Seksi II (Rangkasbitung-Bojong) dan Seksi III (Bojong-Panimbang).

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper