Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ATM PETANI: BRI Rilis Kartu Tani

PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. melaunching dan melakukan pendistribusian serentak kartu tani di 21 kabupaten dan kota di Jawa Tengah.
Petani di sawah./.Antara
Petani di sawah./.Antara

Bisnis.com, MAGELANG- PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. melakukan pendistribusian serentak kartu tani di 21 kabupaten dan kota di Jawa Tengah.

Kartu Tani sendiri merupakan kartu identitas bagi petani yang sekaligus berfungsi sebagai kartu debit (ATM) yang diterbitkan oleh bank-bank milik negara, yaitu BRI, Bank Mandiri, dan BNI.

Kartu ini berisi database para petani, yang bersumber dari pemerintah daerah setempat dan terdiri dari data petani dengan system by name by address, data lahan, dan data komoditas.

Launching kartu tani BRI bertempat di Lapangan Olahraga Drh. Supardi, Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah (12/01/2017). Turut hadir dalam acara launching dan distribusi serentak Kartu Tani di 21 Kabupatan / Kota di Provinsi Jateng diantaranya Menteri BUMN RI Rini M. Soemarno, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Bupati Magelang Zaenal Arifin dan Direktur Utama Bank BRI Asmawi Syam.

Corporate Secretary BRI Hari Siaga Amijarso mengatakan perseroan turut mendorong mewujudkan program pemerintah Nawacita dalam bidang ketahanan, kemandirian dan kedaulatan pangan di Indonesia melalui Program Kartu Tani ini.

“Dengan Kartu Tani, petani akan mudah untuk mengakses jasa layanan perbankan baik simpanan maupun pinjaman, terutama KUR dan transaksi pembelian sarana produksi pertanian serta penjualan hasil panen yang cashless dan terintegrasi dalam satu sistem," ujarnya Kamis (12/1/2017).

Kartu Tani dinilai bisa menjadi solusi dalam pendistribusian pupuk bersubsidi di Jawa Tengah. BRI juga berkomitmen untuk terus mengembangkan sistem ini bagi para petani tidak hanya di Jawa Tengah tapi juga di seluruh Indonesia. Penyerahan Kartu Tani di Jawa Tengah tersebut ditargetkan akan selesai pada Februari 2017. 

Adapun, sampai dengan medio Januari 2017, BRI telah mendistribusikan Kartu Tani kepada 446.934 petani di wilayah Jateng. 

Dalam rangkaian acara tersebut, BRI juga melakukan pemberian bantuan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) berupa 3 hand tractor kepada 3 gabungan kelompok tani di wilayah Magelang. 

Melalui bantuan ini, perseroan berkomitmen untuk mendukung peningkatan produksi pertanian guna tercapainya swasembada pangan di Kabupaten Magelang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper