Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

OJK Dorong Bank Daerah Percepat Persiapan Laku Pandai

Otoritas Jasa Keuangan mendorong percepatan bank pembangunan daerah atau BPD di regional timur untuk menerapkan layanan keuangan kantor dalam kerangka keuangan inklusif.
Ilustrasi OJK
Ilustrasi OJK

Bisnis.com, MAKASSAR - Otoritas Jasa Keuangan mendorong percepatan bank pembangunan daerah atau BPD di regional timur untuk menerapkan layanan keuangan kantor dalam kerangka keuangan inklusif.

Kepala Kantor OJK Regional 6 Sulampua Bambang Kiswono mengemukakan keikutsertaan bank daerah dalam Laku Pandai akan menjadi katalis dalam peningkatan akses keuangan bagi masyarakat yang belum terjangkau produk perbankan.

"Apalagi BPD merupakan bank milik daerah dan kebanggan daerah. Tentu kami harap agar BPD bisa berperan dalam program Laku Pandai," katanya kepada Bisnis, Kamis (12/1/2017).

Sejauh ini, terdapat satu BPD di regional timur yakni Bank Sulselbar yang tengah memulai persiapan untuk penerapan layanan perbankan tanpa kantor dan ditargetkan sudah bisa berjalan pada semester pertama tahun ini.

Menurut Bambang, langkah penyiapan infrastruktur Laku Pandai oleh Bank Sulselbar tersebut bisa segera terealisasi sehingga menjadikan bank tersebut menjadi BPD pertama di Regional Sulampua yang menerapkan program tersebut.

Secara umum, Bank Sulselbar telah memenuhi persyaratan sebagai penyelenggara Laku Pandai diantaranya memiliki jaringan kantor di wilayah timur, kemudian profil risiko yang sesuai dengan yang dipersyaratkan serta sejumlah lainnya.

Kendati demikian, kata Bambang, verifikasi akan tetap dilakukan otoritas terkhusus dari kesiapan infrasturkur penunjang, kesiapan produk mobile banking serta beberapa persyaratan lainnya, di mana verifikasi dilaksanakan setelah menerima pengajuan permohonon dari Bank Sulselbar.

Sebelumnya, Direktur Utama Bank Sulselbar Andi Muhammad Rahmat mengatakan penyiapan sarana dan prasarana pendukung Laku Pandai tengah dilakukan perseroan.

Hal itu sebagai manifestasi dari penetrasi perseroan dalam menjangkau masyarakat di Sulawesi Selatan maupun Sulawesi Barat yang belum tersentuh layanan keuangan konvensional karena keterbatasan akses.

Menurutnya, penyiapan infrastruktur penunjang Laku Pandai itu diantaranya pembenahan teknologi informasi dan jaringan internet sehingga fasilitas Laku Pandai bisa berjalan optimal saat mulai diterapkan perseroan.

Untuk tahap awal, fasilitas layanan tersebut bakal menyasar sejumlah kabupaten/kota yakni Makassar, Bulukumba, Jeneponto, Bantaeng dan Enrekang.

"Jika penyiapan infrastruktur sudah rampung, izin dari otoritas sudah dikantongi, kami harapkan layanan ini sudah bisa berjalan akhir semester pertama tahun ini," katanya.

Dia mengemukakan dalam penyiapan infrastruktur itu juga menggunakan skema aliansi strategis melalui jalinan kerjasama dengan pihak ketiga atau vendor yang berkompetensi dalam bidang informasi teknologi.

Selain itu, lanjut Rahmat, posisi Bank Sulselbar sebagai bank milik pemda juga memungkinkan menjalin kerjasama dengan koperasi milik pemda terkhusus dalam merekrut agen Laku Pandai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Amri Nur Rahmat

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper