Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Taspen Optimistis Iklim Investasi 2017 Lebih Pasti

Iklim Investasi nasional dinilai lebih potensial sepanjang 2017 sejalan dengan meningkatnya kepastian ekonomi global.
Gedung PT Taspen (Persero)/Istimewa
Gedung PT Taspen (Persero)/Istimewa

Bisnis.com, GUNUNGSITOLI, Sumater Utara — Iklim Investasi nasional dinilai lebih potensial sepanjang 2017 sejalan dengan meningkatnya kepastian ekonomi global.

Direktur Utama PT Taspen (Persero) Iqbal Latanro mengungkapkan ketidakpastian akan kondisi ekonomi global pada akhir 2016 memang cukup mengganggu iklim investasi. Tekanan pada akhir tahun itu disebabkan oleh serangkaian pernyataan dan program yang disampaikan Donald J. Trump, presiden terpilih pada pemilihan umum Amerika Serikat.

Namun, dia meyakini kondisi berbeda akan terjadi pada sepanjang tahun ini.

Iqbal memperkirakan pada awal Februari iklim investasi global akan semakin menunjukkan kepastian setelah Trump menyatakan program kerjanya. Pada saat yang sama, jelasnya, China sebagai salah satu kekuatan global akan menyikapi kondisi tersebut dengan sejumlah kebijakan yang akan semakin membuka kepastian pada kondisi ekonomi gelobal sepanjang tahun ini.

Dia bahkan optimistis pada akhir semester pertama tahun ini para investor global tidak akan lagi dihantui oleh sentimen negatif yang penuh ketidakpastian. Pada akhirnya kondisi itu diyakini akan berdampak positif pada iklim investasi di Indonesia.

"Ini tentu akan berdampak bagi iklim investasi nasional," di sela-sela kunjungan kerja ke Gunungsitoli, Nias, Sumatera Utara, Selasa (17/1/2016).

Iqbal mengatakan faktor lain, yakni langkah pemerintah yang terus merealisasikan program kerjanya, juga akan menjadi sentimen positif bagi kondisi ekonomi nasional.

“Jadi, saya optimistis ekonomi global akan membaik, walaupun tentu belum sama dengan tiga atau empat tahun sebelumnya. Tetapi akan memberi harapan," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper