Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PEMBIAYAAN RUMAH: 2016, SMF Klaim Realisasi Penyaluran Dana Naik

PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) merealisasikan penyaluran dana hingga Rp7,14 triliun untuk pembiayaan perumahan sepanjang 2016.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA – PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) merealisasikan penyaluran dana hingga Rp7,14 triliun untuk pembiayaan perumahan sepanjang 2016.

Direktur Utama PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) Ananta Wiyogo mengatakan pihaknya berhasil membukukan peningkatan kinerja sepanjang tahun lalu.

SMF yang merupakan lembaga keuangan khusus di bidang pembiayaan sekunder perumahan dinilai mampu meningkatkan aliran dana jangka menengah panjang dari pasar modal ke sektor perumahan melalui kegiatan sekuritisasi dan penyaluran pinjaman.

Dia mengungkapkan berdasarkan data laporan keuangan audited 2016 SMF mampu menyalurkan pinjaman senilai Rp5,64 triliun dan melakukan sekuritisasi senilai Rp1,5 triliun.

“Indikator Kinerja Utama (IKU) SMF diukur dari jumlah dana yang telah tersalurkan dari pasar modal ke sektor pembiayaan perumahan,” ungkapnya dalam konferensi pers paparan kinerja SMF pada 2016, Jumat (27/1/2017).

Pada periode yang sama, total aset SMF tumbuh 30% dibandingkan dengan tahun sebelumnya menjadi Rp13,12triliun. Posisi penyaluran atau outstanding pinjaman perseroan pun mencapai Rp8,32 triliun atau tumbuh 6,12%.

Adapun, laba bersih SMF meningkat hingga 28% atau mencapai Rp318,04 miliar pada akhir 2016. Selain peningkatan kinerja, Ananta mengatakan pada tahun lalu SMF juga berhasil meluncurkan dan menyosialisakan SOP KPR BPD SMF.

“Yang bertujuan untuk mendorong terciptanya standar produk KPR BPD yang affordable, suitable dan applicable, serta meningkatkan kapasitas penyaluran KPR BPD.”

Secara kumulatif, total akumulasi dana yang telah dialirkan SMF sejak 2005 sampai Desember 2016 mencapai Rp27,39 triliun atau meningkat 35,26% dari tahun sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper