Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini 7 Tips Aman Berbelanja dari MasterCard

Perencanaan matang saat akan berlibur dengan keluarga, baik domestik maupun keluar negeri, tentunya sangat penting untuk mendapatkan liburan terbaik.
Tips Keuangan. /Bisnis.com
Tips Keuangan. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA—Perencanaan matang saat akan berlibur dengan keluarga, baik domestik maupun keluar negeri, tentunya sangat penting untuk mendapatkan liburan terbaik.

Dari keterangan resmi yang diterima pada Kamis (2/2/2017), MasterCard melaporkan bagi masyarakat yang tinggal di Asia Tenggara, sebuah perjalanan yang menyenangkan juga meliputi kesempatan untuk berbelanja dalam jumlah yang banyak.

Menurut studi Mastercard pada 2016 bertajuk Consumer Purchasing Priorities, kegiatan belanja berada di posisi di kedua setelah menikmati pemandangan (sightseeing) sebagai kegiatan liburan paling populer. Konsumen di kawasan ini menyisihkan hampir 20% dari anggaran (budget) liburan mereka untuk belanja (retail).

Sementara pariwisata ritel berkontribusi secara signifikan terhadap perekonomian di Asia Tenggara, seringkali hal tersebut juga diiringi terhadap hal-hal yang tidak diinginkan, seperti pencurian maupun perampokan bagasi.

Jetlag serta wisatawan yang tidak waspada merupakan target utama dari para pelaku kriminal yang ingin mencari uang dengan cepat. Untungnya, insiden-insiden tersebut dapat dicegah dengan cara yang lebih waspada terhadap lingkungan sekitar, serta dengan melakukan pembayaran yang bijaksana, seperti menggunakan kartu debit dan kredit, ketika berbelanja.

Berdasarkan survei Mastercard, mayoritas konsumen di Asia Tenggara sangat sadar terhadap kejahatan yang berkaitan dengan pariwisata dan menggunakan kartu kredit sebagai metode pembayaran pilihan mereka saat bepergian. Hal ini terutama berlaku ketika mereka melakukan pembelian barang-barang mewah di kawasan Asia Pasifik, di mana 64% konsumen memilih untuk membayar barang-barang mewah tersebut menggunakan kartu kredit.

Adapun, berikut ini merupakan panduan dari Mastercard bagi Anda untuk berbelanja dengan aman, sehingga bisa bepergian dengan bebas dan nyaman

• Sebelum memulai kegiatan berbelanja Anda, luangkan waktu satu hingga dua menit untuk meneliti terlebih dahulu di mana saja kartu pembayaran dapat diterima. Hal tersebut dapat membantu Anda untuk merencanakan seberapa banyak uang tunai yang harus dibawa untuk toko-toko yang hanya menerima uang tunai.

• Daftarkan nomor telepon Anda dengan bank Anda untuk menerima notifikasi SMS, untuk memberikan Anda notifikasi dari setiap transaksi yang dilakukan.

• Daripada membawa seluruh kartu pembayaran Anda, bawalah hanya kartu-kartu yang penting dan simpan sisanya, seperti pasport dan kartu pembayaran lainnya, di tempat yang aman seperti hotel Anda. Hal tersebut dapat selalu membantu Anda untuk memiliki backup apabila kartu Anda hilang atau dicuri.

• Ingin menyisihkan uang Anda saat berbelanja di luar negeri? Nikmati nilai tukar terbaik dengan menggunakan kartu kredit dan debit Anda.

• Apabila Anda kehilangan kartu Anda, telepon bank Anda dan laporkan kehilangan tersebut secepatnya. Bank Anda akan dapat menolong untuk memblokir kartu Anda dan menghubungkan Anda dengan staff spesialis yang dapat memastikan bahwa Anda menerima bantuan uang tunai darurat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper