Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

500 Merek Bank Terbaik Dunia : Salah Satunya QNB Group

QNB Group adalah merek berharga paling berharga di kawasan Timur Tengah dan Afrika berdasarkan Survey tahunan.
QNB Group/Istimewa
QNB Group/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - QNB Group adalah merek paling berharga di kawasan Timur Tengah dan Afrika berdasarkan survei tahunan.

Berdasarkan survei tahunan yang dilakukan oleh Brand Finance dan diterbitkan oleh Majalah The Banker, afiliasi dari Financial Times, surat kabar yang diakui oleh dunia internasional mengonfirmasikan brand QNB sebagai salah satu dari 500 Merek Bank Terbaik Dunia.

Menyoroti kelanjutan dari hasil performa keuangan pada tahun 2017, Nilai brand QNB meningkat menjadi USD3.826 miliar dibandingkan tahun lalu, meningkat 56% dan mencapai peringkat ke-60 secara global.

Selain itu, pencapaian Group dengan peringkat tertinggi AA+ dalam hal kekuatan merek, menjadikan satu-satunya merek perbankan dari Qatar di antara 100 brand besar dunia.

Jejak langkah ini merupakan kumpulan momentum atas kesuksesan performa finansial Group dan keberhasilan memperluas jaringan internasional yang beroperasi di lebih dari 30 negara di 3 benua.

Tahun ini adalah tahun pertama bagi QNB untuk dapat hadir di Brand Finance Global 500, yang meliputi predikat para merek dunia berharga dari seluruh negara dan berbagai sektor.

QNB Group adalah satu-satunya merek keuangan dari Timur Tengah dan Afrika yang masuk dalam peringkat 500 terbaik dan merupakan satu-satunya merek Qatar dari sektor apapun yang masuk ke dalam daftar.

Hasil keuangan Group dan kinerja yang kuat selama tahun 2016 juga telah berdampak positif pada peringkat nilai merek. Laba bersih mencapai QAR12,4 miliar (USD 3,4 miliar), naik 10% dari tahun sebelumnya.

Total aset mencapai QAR720 miliar (USD198 miliar), naik 34% dari Desember 2015, hasil ini tercatat sebagai peningkatan yang tertinggi dalam sejarah yang pernah dicapai oleh QNB Group, dan peringkat kredit tetap di antara yang tertinggi di wilayah Timur Tengah dan Afrika.

Momentum meningkatnya nilai merek pada tahun 2017 adalah akuisisi strategis QNB Group sebesar 99,88% saham di Finansbank A. (sekarang telah berubah menjadi QNB Finansbank), bank swasta kelima terbesar di Turki dari total aset, simpanan nasabah dan pinjaman.

Yousef Darwish, General Manager, QNB Group Communications mengatakan ini adalah hasil kerja keras sejak tahun lalu sampai tahun ini.

"Prestasi peningkatan peringkat ini adalah hasil dari langkah-langkah tepat yang telah dijalankan sejak tahun lalu sampai akhir tahun ini, dan kami bangga telah menjadi salah satu merek perbankan terkemuka saat ini", tambahnya, langkah-langkah ini telah berkontribusi besar dalam peringkat merek yang kini bernilai USD3.826 juta, melebihi bank lain di sektor ini," ujarnya dalam siaran pers, Jumat (3/2/2017).

Dia menekankan, bahwa kinerja dan pertumbuhan yang kuat pada tahun 2016 telah membantu QNB mewujudkan visi menjadi ikon MEA pada tahun 2017, dan dalam membangun kesuksesan ini, QNB Group lebih memperkuat lagi asipirasinya untuk menjadi "bank terkemuka di Timur Tengah, Afrika dan Asia Tenggara (MEASEA) pada tahun 2020 ".

Darwish menambahkan, "Kami bangga menjadi satu-satunya merek dari Qatar di sektor keuangan diantara 100 merek terbaik dunia saat ini, dan ini adalah motivasi yang kuat bagi semua orang yang merupakan bagian dari Group agar terus meraih pengakuan bergengsi merek kami untuk mencapai pendekatan-pendekatan baru secara global di masa mendatang."

Untuk pertama kalinya QNB masuk kedalam Brand Finance Global 500, daftar 500 merek paling berharga di dunia dari semua sektor dan negara. Daftar ini merupakan parameter status sebagai ikon, merek global. Dengan telah terpenuhinya ambisi ini, QNB dapat melihat tujuan baru termasuk ekspansi jaringan sampai ke Asia Tenggara dengan optimis."

Perlu diketahui bahwa kriteria penjurian yang sangat ketat digunakan oleh Brand Finance dalam proses penilaian nilai merek perbankan. Faktor-faktor yang dipertimbangkan termasuk : ukuran operasional, keberadaan geografis, reputasi global dan regional, dan klasifikasi merek.

QNB Group terus mempertahankan posisinya sebagai bank regional dengan rating tertinggi dari perusahaan rating terdepan seperti Standard & Poor’s (A+), Moody’s (Aa3), Fitch (AA-), dan Capital Intelligence (AA-). Bank juga telah menerima banyak penghargaan dari publikasi finansial internasional yang terdepan.

Kehadiran QNB Group melalui anak perusahaan dan perusahaan asosiasi yang tersebar lebih dari 30 negara melintasi 3 benua menyediakan berbagai macam produk dan layanan yang komprehensif.

Jumlah karyawan yang dimiliki lebih dari 28.000 beroperasi di lebih 1.200 lokasi, dengan jaringan ATM berjumlah 4.300 mesin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper