Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Antam Gandeng Smelting dan Freeport

Korporasi tambang milik negara, PT Antam (Persero) Tbk., menandatangani nota kesepahaman kerjasama proyek pembangunan pabrik pengolahan anode slime dan precious metal refinery.
Gedung Antam
Gedung Antam

Bisnis.com, JAKARTA--- Korporasi tambang milik negara, PT Antam (Persero) Tbk., menandatangani nota kesepahaman kerjasama proyek pembangunan pabrik pengolahan anode slime dan precious metal refinery.

Direktur Utama Antam Tedy Badrujaman mengatakan nota kesepahaman dengan dua perusahaan itu menunjukkan komitmen perseroan untuk meningkatkan nilai pemegang saham.

“MoU ini juga merupakan salah satu inisiatif untuk mengembangkan dan meningkatkan fundamental perusahaan terutama segmen usaha emas,” paparnya dalam keterangan tertulis, Jumat (10/2/2017).

Melalui nota kesepahaman tersebut, tiga perusahaan itu sepakat untuk bekerjasama mendukung anode slime processing and precious metal refinery yang akan didirikan oleh Antam yang akan mengolah anode slime, termasuk yang dihasilkan oleh smelter milik Smelting dan smelter yang akan dibangun oleh Freeport.

Sebagai gambaran, nilai penjualan bersih Antam tercatat sebesar Rp9,11 triliun pada 2016 dengan komoditas emas merupakan komponen terbesar pendapatan perseroan. Penjualan emas menyumbang Rp5,54 triliun atau 61% dari total penjualan bersih sepanjang tahun.

Sepanjang tahun lalu, perseroan mencatatkan total volume produksi emas dari tambang Pongkor dan Cibaliung sebesar 2.208 kg (77.884 oz). Sementara itu, volume penjualan emas Antam  tercatat sebesar 10.227 kg (360.746 oz) sepanjang 2016.

Pada kuartal IV/2016, volume produksi emas Antam tercatat sebesar 666 kg (23.492 oz) sementara volume penjualan emas di periode tersebut tercatat naik 41% atau sebesar sebesar 2.159 kg (76.156 oz) dibandingkan dengan periode yang sama 2015.

Sepanjang 2016, kegiatan eksplorasi emas dilaksanakan oleh perusahaan di Pongkor, Jawa Barat. Kegiatan yang dilakukan terdiri atas pemerian inti bor, percontoan inti bor, pemboran inti bor, sampling core dan logging core yang dilakukan di Gudang Handak dan Ciurug.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Yodie Hardiyan
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper