Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PIDATO TRUMP: Antara Rencana, Keinginan, dan Pencapaian

Donald Trump berpidato untuk pertama kalinya di depan kongres pagi ini WIB (malam waktu setempat) setelah ia dilantik sebagai Presiden AS untuk memaparkan apa yang ia ingin raih selama lima tahun kepemimpinannya
Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyampaikan pidato perdananya di hadapan kongres Negeri Paman Sam, Rabu (1/3/2017)./Reuters-Jim Lo Scalzo
Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyampaikan pidato perdananya di hadapan kongres Negeri Paman Sam, Rabu (1/3/2017)./Reuters-Jim Lo Scalzo

Bisnis.com, JAKARTA – Donald Trump berpidato untuk pertama kalinya di depan kongres pagi ini WIB (malam waktu setempat) setelah ia dilantik sebagai Presiden AS untuk memaparkan apa yang ia ingin raih selama lima tahun kepemimpinannya.

Berikut poin-poin dalam pidatonya, seperti dilansir Bloomberg (Rabu, 1/3/2017):

Memberi sumber daya manusia yang cakap untuk sektor militer AS.

Mengganti infrastruktur yang rusak dengan jalan, jembatan, terowongan, bandara, dan rel kereta api yang baru.

Memperlambat hingga akhirnya menghentikan penyebaran obat-obatan terlarang.

Memunculkan kembali harapan, keamanan, dan kesempatan bagi area-area dalam kota yang tertinggal.

Menepati janji-janji kepada warga Amerika.

Sejumlah perusahaan terkemuka seperti Ford, Fiat-Chrysler, General Motors, Sprint, Softbank, Lockheed, Intel, dan Walmart telah mengumumkan bahwa mereka akan menginvestasikan miliaran dolar serta akan menciptakan puluhan ribu pekerjaan baru di AS.

Bursa saham AS telah meraup hampir US$3 triliun sejak pelantikannya pada 8 November, nilai tertinggi dalam sejarah.

Telah menghemat dana sekitar ratusan juta dolar dari para pembayar pajak dengan menurunkan harga pesawat jet F-35 yang baru serta akan menghemat miliaran dolar lebih banyak dari kontrak-kontrak pemerintah.

Telah mulai membersihkan muara korupsi oleh pemerintah dengan memberlakukan larangan selama lima tahun untuk pelobian oleh pejabat eksekutif, serta larangan seumur hidup untuk menjadi pelobi untuk pemerintah asing.

Telah melakukan upaya bersejarah untuk secara besar-besaran mengurangi peraturan yang menghancurkan pekerjaan, menciptakan unit tugas deregulasi di dalam setiap instansi pemerintah; menerapkan aturan baru yang mengamanatkan bahwa untuk setiap 1 peraturan baru, 2 peraturan lama harus dihilangkan; serta menghentikan peraturan yang mengancam masa depan dan mata pencaharian penambang batu bara AS.

Telah membuka jalan bagi pembangunan pipa akses Keystone dan Dakota - sehingga menciptakan puluhan ribu pekerjaan - sertamengeluarkan instruksi baru untuk membuat jaringan pipa Amerika baru dengan baja Amerika.

Telah menarik AS dari perjanjian Trans-Pacific Partnership.

Dengan bantuan PM Justin Trudeau, telah membentuk dewan untuk memastikan bahwa para pengusaha wanita memiliki akses ke dalam jaringan, pasar, dan modal yang diperlukan untuk memulai bisnis mereka.

Telah mengarahkan Departemen Kehakiman untuk membentuk satuan tugas demi mengurangi kejahatan dengan kekerasan.

Telah memerintahkan Departemen Keamanan Dalam Negeri dan Kehakiman untuk mengkoordinasikan strategi agresif demimembongkar kartel kriminal yang telah tersebar di AS.

Telah merespon permintaan untuk penegakan imigrasi dan keamanan perbatasan. Penegakan hukum imigrasi akan menaikkan upah, membantu para penganggur, menghemat miliaran dolar, dan membuat lingkungan masyarakat AS lebih aman bagi semua orang.

Untuk alasan tersebut maka akan memulai pembangunan tembok besar sepanjang perbatasan wilayah selatan AS yang akan menjadi senjata efektif untuk mengatasi masalah obat-obatan terlarang dan kejahatan.  

Menyingkirkan para anggota gang, pedagang obat-obatan terlarang, dan kriminal yang mengancam masyarakat AS.

Mengarahkan Departemen Pertahanan AS untuk mengembangkan rencana menghancurkan ISIS serta bekerja sama dengan sekutu AS, termasuk negara-negara muslim, untuk memberantasnya.

Telah menerapkan sanksi-sanksi baru terhadap entitas maupun individu yang mendukung program rudal balistik Iran serta memperkuat aliansi dengan Israel.

Menunjuk alat-alat peradilan ke mahkamah agung AS yang akan membela konstitusi.

Untuk mencapai tujuan di dalam dan luar negeri, gerak perekonomian AS harus dihidupkan kembali dengan memberi kemudahan berbisnis bagi perusahaan-perusahaan di AS maupun menerapkan aturan yang lebih sulit bagi perusahaan-perusahaan untuk hengkang.     

Tim ekonomi saat ini mengembangkan reformasi pajak yang akan mengurangi pajak bagi perusahaan-perusahaan AS sekaligus memberi kelonggaran pajak secara besar-besaran untuk warga kelas menengah.

Membawa kembali jutaan lapangan pekerjaan serta melindungi para pekerja AS maupun mereformasi sistem imigrasi legal.

Akan meminta Kongres untuk menyetujui undang-undang yang menghasilkan investasi senilai US$1 triliun pada infrastruktur AS - yang dibiayai melalui modal publik dan swasta – demi menciptakan jutaan lapangan kerja baru.

Menyerukan kongres untuk mencabut dan mengganti Obamacare dengan upaya-upaya reformasi yang memperluas pilihan, meningkatkan akses, menurunkan biaya, serta pada saat yang sama memberikan perawatan kesehatan yang lebih baik.

Untuk menciptakan sistem kesehatan yang lebih baik bagi warga Amerika, ada 5 hal pokok yang harus diterapkan Kongres:

Pertama, memastikan bahwa warga Amerika dengan kondisi yang sudah ada memiliki akses ke asuransi, dan bahwa AS memiliki transisi yang stabil bagi para warganya untuk terdaftar di bursa kesehatan.

Kedua, membantu warga Amerika membeli asuransi melalui penggunaan kredit pajak serta perluasan akun tabungan kesehatan.

Ketiga, memberi sumber daya dan fleksibilitas kepada para gubernur negara bagian atas Medicaid.    

Keempat, melaksanakan reformasi legal yang melindungi pasien dan dokter dari biaya-biaya tak perlu yang mendorong naik harga asuransi.

Kelima, memberi warga Amerika kebebasan untuk membeli asuransi kesehatan di seluruh batas negara demi menciptakan pasar nasional yang benar-benar kompetitif.

Menyerukan para anggota partai untuk meloloskan undang-undang pendidikan yang membiayai sekolah bagi remaja kurang beruntung, termasuk jutaan anak Afrika-Amerika dan Latin.

Memerintahkan Departemen Keamanan Dalam Negeri untuk mendirikan kantor yang melayani korban-korban Amerika, dengan nama VOICE – Victims of Immigration Crime Engagement.

Memberi sarana yang diperlukan bagi para wanita dan pria di militer AS untuk mencegah perang.

Mendukung NATO dan Perang Dingin yang mengalahkan komunisme.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper