Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tujuh Langkah Mudah Menjadi Orang Kaya

Kekayaan: hampir semua orang menginginkannya, tetapi hanya sedikit orang yang benar-benar tahu apa yang harus mereka lakukan untuk mendapatkannya.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Kekayaan: hampir semua orang menginginkannya, tetapi hanya sedikit orang yang benar-benar tahu apa yang harus mereka lakukan untuk mendapatkannya.

Menjadi kaya membutuhkan kombinasi keberuntungan, keterampilan, dan kesabaran. Untuk menjadi kaya, Anda harus mengatur diri di jalan yang mengarah ke karir moneter untuk memperkaya, kemudian menangani uang yang Anda peroleh dengan bijaksana dengan berinvestasi, menyimpannya, dan mengurangi biaya hidup Anda. Menjadi kaya, tulis wikiho.com, tidak mudah, tetapi dengan sedikit ketekunan dan pengambilan keputusan terampil, itu pasti mungkin.

1. Menempatkan uang di pasar saham. Menginvestasikan uang dalam saham, obligasi, atau kendaraan lain dari investasi yang akan memberikan pengembalian tahunan atas investasi (ROI) yang cukup besar untuk mendukung Anda di masa pensiun Anda. Misalnya, jika Anda memiliki US$1 juta  yang diinvestasikan dan Anda mendapatkan 7%  ROI percayalah, itu US$70.000 per tahun, dikurangi inflasi.

Jangan tertarik dengan perdagangan harian yang memberitahu Anda itu mudah untuk membuat uang dengan cepat. Membeli dan menjual puluhan saham setiap hari pada dasarnya perjudian. Jika Anda membuat beberapa perdagangan buruk - yang luar biasa mudah dilakukan - Anda dapat kehilangan banyak uang. Ini bukan cara yang baik untuk menjadi kaya.

Sebaliknya, belajar untuk berinvestasi  jangka panjang. Memilih saham yang baik dengan fundamental yang solid dan kepemimpinan yang sangat baik dalam industri yang prima untuk pertumbuhan di masa depan. Lalu biarkan saham Anda duduk. Jangan melakukan apa-apa dengan itu. Biarkan cuaca pasang surut. Jika Anda berinvestasi dengan bijak, Anda harus melakukannya dengan sangat baik dari waktu ke waktu.

2. Menyimpan uang untuk masa pensiun. Tetap hemat. Tampaknya sedikit orang yang menyimpan cukup untuk pensiun.  Jangan menaruh semua kepercayaan Anda pada Jaminan Sosial. Dalam hal apapun, Jamsostek tidak pernah dirancang untuk menjadi satu-satunya sumber bagi pensiunan pada tahun kemudian mereka. Itu membuat semua lebih penting bahwa Anda menyimpan dan berinvestasi untuk masa depan.

3. Berinvestasi dalam real estate. Relatif aset yang stabil seperti sewa properti, atau potensi lahan pembangunan di daerah yang terus berkembang adalah cara yang baik untuk membangun kekayaan. Seperti dengan investasi apapun, tidak ada jaminan. Banyak orang, bagaimanapun, telah melakukan cukup baik dengan real estate. Investasi tersebut cenderung untuk menghargai nilai dari waktu ke waktu.

4. Investasikan waktu Anda. Misalnya, Anda mungkin ingin memiliki waktu luang, sehingga Anda memberikan diri  beberapa jam sehari untuk melakukan apa-apa. Namun, jika Anda berinvestasi  beberapa jam untuk mendapatkan kaya, Anda bisa  memiliki 20 tahun waktu luang (24 jam sehari!) dengan pensiun dini. Apa yang dapat Anda berikan sekarang dalam pertukaran untuk menjadi kaya nanti? Penasihat investasi Dave Ramsey  memberitahu pendengar radionya, "Hiduplah seperti tidak ada orang lain hari ini sehingga Anda dapat hidup seperti tidak ada orang lain besok."

5. Hindari pembelian yang cenderung terdepresiasi cepat.  Menghabiskan US$50.000 pada mobil kadang-kadang dianggap pemborosan karena itu mungkin bahwa  nilai itu tidak akan mencapai  setengahnya  dalam lima tahun,  terlepas dari berapa banyak pekerjaan yang dimasukkan ke dalamnya. Segera setelah Anda mengendarai mobil baru, itu sudah terdepresiasi sekitar 20% -25% dalam nilai dan terus  setiap tahun.

6. Jangan menghabiskan uang pada hal-hal bodoh. Mendapatkan nafkah itu  cukup sulit.  Tapi sulit dan menyakitkan ketika Anda menghabiskan uang  yang Anda peroleh dengan susah payah pada lubang hitam keuangan. Evaluasi kembali hal-hal yang menghabiskan uang Anda.  Mislanya:

  •     Hindari kasino dan tiket lotre. Sedikit beruntung menghasilkan uang. Sisanya kita kehilangan.
  •     Hindari  rokok. Perokok berat hanya bisa menyaksikan uang mereka hilang dalam asap.
  •     Hindari kesukaan ke bioskop atau minum di klub.
  •     Hindari beli tiket pesawat harus first kelas. Apa yang Anda dapatkan   untuk ekstra US$1000? Sebuah handuk panas dan hal lain ukuran 4 inci (10,2 cm) di ruang kaki? Menginvestasikan uang  bukan membuangnya

7. Tetap kaya. Sulit untuk menjadi kaya, tetapi  lebih sulit untuk tetap kaya. Kekayaan Anda selalu akan terpengaruh oleh pasar, dan pasar memiliki pasang surut. Jika Anda terlalu nyaman ketika waktu  terasa baik  , Anda akan segera turun kembali ke titik awal ketika pasar mengalami kemerosotan. Jika Anda mendapatkan promosi atau kenaikan gaji, atau jika persentase poin ROI Anda naik, Jangan  menghabiskan. Menyimpannya ketika bisnis lambat dan ROI Anda turun dua persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Martin Sihombing
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper