Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BNI Syariah Incar Pertumbuhan 20 Persen

PT Bank BNI Syariah tahun ini memproyeksikan pertumbuhan kinerja perbankan mencapai 15%-20% sejalan dengan sejumlah strategi peningkatan kerja sama, salah satunya dengan Universitas Airlangga (Unair) Surabaya melalui program Griya Swa Karya dan pembayaran SPP mahasiswa melalui BNI Syariah.
Karyawan BNI Syariah melayani nasabah, belum lama ini. /Bisnis.com-Abdullah Azzam
Karyawan BNI Syariah melayani nasabah, belum lama ini. /Bisnis.com-Abdullah Azzam

Bisnis.com, SURABAYA – PT Bank BNI Syariah tahun ini memproyeksikan pertumbuhan kinerja perbankan mencapai 15%-20% sejalan dengan sejumlah strategi peningkatan kerja sama, salah satunya dengan Universitas Airlangga (Unair) Surabaya melalui program Griya Swa Karya dan pembayaran SPP mahasiswa melalui BNI Syariah.

Direktur Utama BNI Syariah, Imam Teguh Saptono mengatakan role bisnis Griya Swa Karya dengan Unair tersebut merupakan yang pertama kali dilakukan BNI Syariah setelah izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) keluar pada Januari 2017.

“Dalam kerja sama ini nanti, BNI Syariah akan membiayai pembangunan gedung komersial di atas lahan milik Unair dengan nilai proyek maksimal Rp20 miliar/proyek, dan pemanfaatnnya oleh Unair sampai batas waktunya 3 tahun bank harus melepas asetnya kepada Unair seperti jual beli,” jelasnya seusai penandatanganan MoU BNI Syariah dan Unair, Jumat (3/3/2017).

Dia menjelaskan melalui kerja sama ini, BNI Syariah akan menerima keuntungan dari operasional sampai mencukupi bank atau menutupi suluruh biaya gedung, maka bangunan tersebut diserahkan kepada Unair.

Imam menambahkan, role bisnis seperti inilah yang membedakan bank syariah dengan bank konvensial, di mana bank syariah pada dasarnya tidak membedakan antara kegiatan sektor riil dengan kegiataan keuangan. Griya Swa Karya merupakan role bisnis baru perbankan syariah di biddang properti.

Lewat bisnis ini, bank bertindak sebagai pengembang dengan menyediakan rumah/bangunan bagui calon nasabah. Saat ini yang sudah mendapatkan izin untuk bisnis ini adalah bentuk bangunan gedung fasilitas kampus seperti kanting, ruang kelas, gedung parkir atau teaching hospital.

“Kalau ini bisa berkembang dengan baik, bank syariah bisa bertumbuh dengan cepat, karena model seperti ini hanya bisa dilakukan oleh bank syariah,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Peni Widarti

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper