Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemalsuan Bilyet Deposito: Kuasa Hukum Minta BTN Bertanggung Jawab

Anggota Komisi XI DPR RI, Amir Uskara mempertanyakan bentuk pertanggungjawaban direksi PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk kepada nasabah yang dananya raib akibat kasus penipuan oleh oknum karyawan yang menawarkan deposito fiktif
Kejahatan perbankan/Ilustrasi-www.moneter.co
Kejahatan perbankan/Ilustrasi-www.moneter.co

Bisnis.com, JAKARTA - Anggota Komisi XI DPR RI, Amir Uskara mempertanyakan bentuk pertanggungjawaban PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk kepada nasabah yang dananya raib akibat kasus penipuan oleh oknum karyawan yang menawarkan deposito fiktif

"Tolong diperjelas bentuk pertanggungjawaban bank apakah mengganti dana nasabah atau konkritnya seperti apa?, tanya Amir dalam Rapat Dengar pendapat Komisi XI DPR RI dengan bank BUMN di Jakarta, kamis seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Bisnis.com

Dia meminta direksi bertanggungjawab serta menyampaikan langkah-langkah preventif, karena kasus seperti ini menyangkut reputasi perbankan sebagai institusi yang menjaga kepercayaan dan mengedepankan prinsip kehati-hatian

Sementara itu Anggota Komisi XI M Michael Jeno dan Eva Kusuma Sundari mengatakan, BTN harus mengganti dana nasabah yang hilang. Alasannya, karena bisnis bank adalah bisnis kepercayaan. Dan ini juga dalam rangka perlindungan konsumen. “Bahwa alasan deposito tersebut tidak perlu diganti karena tidak masuk pembukuan BTN, ini adalah masalah internal btn dgn oknum btn. Silahkan diselesaikan. Tapi nasabah kan tahunya BTN sebagai institusi, jadi tetap harus diganti sedangkan Bunga pergantian depositonya sesuai ketentuan ojk," ujar Jeno

Sebelumnya PT Bank Tabungan Negara (BTN) selaku bank nasional dinilai telah mencederai kepercayaan masyarakat atau nasabah yang menyimpan dananya di Bank BTN. Hal ini terkait pembobolan dana nasabah milik PT Surya Artha Nusantara Finance (PT SANF) berupa rekening giro senilai Rp 110 miliar di Bank Tabungan Negara Cabang Cikeas yang sudah tidak ada di rekening, sehingga PT SANF tidak bisa melakukan penarikan dana tesebut.

TM Mangunsong selaku Kuasa Hukum PT SANF menjelaskan bahwa pada 29 September, 9 November dan 10 November 2016, kliennya PT SANF telah membuka rekening giro plus No 554-01-30-000033-3 di BTN cabang Cikeas yang dilakukan secara berturut-turut senilai Rp 200 miliar, Rp 8 miliar dan Rp 42 miliar, sehingga total dana rekening giri plus tersebut Rp 250 miliar.

Namun, saat PT SANF akan melakukan penarikan dana yang tersisa sebesar Rp110 miliar tidak bisa dilakukan karena dana tersebut sudah tidak ada direkening giro plus PT SANF. "Klien kami melakukan konfirmasi, baik secara tertulis maupun langsung dengan pihak BTN, tetapi pihak BTN mengatakan bahwa dana milik klien kami masih dalam objek investigasi yang mana hal ini sangat membingungkan klien kami dikarenakan klien kami tidak pernah melakukan penarikan atas dana senilai Rp 110 miliar tersebut,"kata Mangunsong dalam siaran resminya.

Karena itu, kata Mangunsong, BTN dinilai telah mencederai prinsip kehati-hatian perbankan dan mencederai prinsip dari lembaga perbankan yang diamanatkan dan diatur dalam Pasal 37B ayat 1 UU No 10 tahun 1998 tentang perbankan yang berbunyi "setiap bank wajib menjamin dana masyarakat yang disimpan pada bank yang bersangkutan".

Untuk itu, para pimpinan BTN dalam hal ini dinilai gagal mempertanggung jawabkan tugas direksi dan juga dinilai tidak bertanggung jawab dalam menjamin dana nasabah yang disimpan di BTN. Ini sangat bertentangan dengan UU Perseroan Terbatas pasal 97 ayat 1 yang berbunyi direksi bertanggung jawab atas pengurusan perseroan sebagaimana dimaksud pada pasal 92 ayat 1.

"Kami meminta agar direksi atau BTN bertanggung jawab dengan mengembalikan dana milik klien kami itu, sesuai dengan ketentuan perbankan dana klien kami yang berada di BTN yang saudara pimpin adalah dijamin dan dilindungi oleh UU yang harus dipertanggung jawabkan oleh pihak BTN. Sebab tidak alasan hukum apapun untuk tidak mengembalikan dana klien kami," tegas Mangunsong.

Sebelumnya, Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. menyatakan pihaknya menyerahkan kasus dugaan pemalsuan bilyet deposito kepada penegak hukum. Dia juga menegaskan siap mengikuti proses hukum yang berlaku, termasuk terkait ganti rugi.

“Kasus itu sudah diserahkan kepada polisi dan kita tunggu saja bagaimana proses hukumnya. Kami taat azas, jadi masalah ganti rugi tergantung hukum secara inkrah,” katanya di Jakarta, Kamis (23/3/2017).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper