Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JANET YELLEN: Fokus Bank Sentral AS Bergeser

Gubernur Federal Reserve Janet Yellen mengatakan tugas bank sentral AS telah bergeser dari pemulihan ekonomi pasca-krisis menuju upaya mempertahankan kemajuan ekonomi.
Janet Yellen./.
Janet Yellen./.

Bisnis.com, JAKARTA – Gubernur Federal Reserve Janet Yellen mengatakan tugas bank sentral Amerika Serikat telah bergeser dari pemulihan ekonomi pascakrisis menuju upaya mempertahankan kemajuan ekonomi.

“Sebelumnya, kami harus menekan ‘pedal gas’ mencoba untuk mendorong pertumbuhan ekonomi sebaik yang kami bisa,” kata Yellen, seperti dikutip Bloomberg.

“The Fed kini mencoba untuk memberikan beberapa akselerasi,” lanjutnya.

Yellen dan rekan-rekannya bertujuan untuk melakukan pelonggaran kembali secara signifikan tahun ini pada tingkat dukungan bank sentral di saat ekonomi AS mendekati tujuan tenaga kerja penuh dan inflasi 2%.

Para pembuat kebijakan telah merencanakan dua kenaikan suku bunga tambahan tahun ini setelah kenaikan pada Maret lalu.

Risalah FOM Meeting pada Maret lalu menunjukkan bahwa sebagian besar pejabat the Fed juga mengharapkan untuk mulai mengurangi neraca sebesar US$ 4,5 triliun hingga akhir tahun ini, yang secara bertahap membalikkan pembelian obligasi darurat yang dilakukan selama masa resesi dan pemulihan.

“Sikap kebijakan sekarang lebih condong ke posisi netral,” kata Yellen dalam menanggapi pertanyaan selama acara di Gerald R. Ford School of Public Policy di University of Michigan.

Yellen berharap ekonomi terus tumbuh pada kecepatan yang moderat dan kenaikan suku bunga  acuan dapat membawa ke tujuan ekonomi AS.

Yellen, yang masa jabatannya sebagai gubernur berakhir awal tahun depan, mengatakan sama pentingnya bagi bank sentral untuk menghindari kenaikan suku bunga yang terlalu lambat.

Yellen mengatakan tingkat pengangguran sebesar 4,5% saat ini berada sedikit lebih rendah dari level berkelanjutan terendah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper