Prospek Ekonomi Semakin Meyakinkan

Pemerintah menilai perbaikan kinerja ekspor akan menopang pertumbuhan ekonomi pada tahun ini. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, neraca perdagangan yang surplus US$1,23 miliar tersebut membuktikan situasi perekonomian Indonesia cukup baik.
Edi Suwiknyo | 17 April 2017 16:02 WIB
Aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Minggu (9/4). - Antara/Muhammad Adimaja

Bisnis.com, JAKARTA –Pemerintah menilai perbaikan kinerja ekspor akan menopang pertumbuhan ekonomi pada tahun ini.  Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, neraca perdagangan yang surplus US$1,23 miliar tersebut membuktikan situasi perekonomian Indonesia cukup baik.

“Artinya ekspor impor kita tentu saja sama sama pertumbuhannya, baik terhadap bulan lalu  maupun YoY. Ini menunjukkan perkembangan ekonomi kita cukup bagus,” kata Darmin di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Senin (17/4).

Dia mengatakan, surplus perdagagangan tersebut juga dapat bisa dilihat dari stabilitas nilai tukar mata uang. Berdasarkan catatan Bisnis, rupiah hingga siang ini mencatatkan  nilai Rp13.263 terhadap dolar Amerika Serikat.

“Saya percaya pertumbuhan ekonomi kita cukup bagus selama ini negatif sekarang positif terus ya bagus. Sedangkan soal surplus neraca perdagangan terlihat dari kurs kita juga cukup stabil,” imbuhnya.

Adapun, Badan Pusat Statistik mengeluarkan rilis mereka soal neraca perdagangan. Dalam keterangan resminya  mereka menyebutkan neraca perdagangan  bulan Maret surplus US$1,23 miliar.

Tag : ekspor
Editor : Lutfi Zaenudin

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top