Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IMF: Perekonomian Dunia Lanjutkan Momentum Positif

Dana Moneter Internasional (IMF) memproyeksikan, pertumbuhan ekonomi dunia pada 2017-2018 bakal menunjukkan pertumbuhan yang kuat. Hal itu tak lepas dari berlanjutnya momentum positif yang telah terjadi sejak pertengahan tahun lalu.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA—Dana Moneter Internasional (IMF) memproyeksikan, pertumbuhan ekonomi dunia pada 2017-2018 bakal menunjukkan pertumbuhan yang kuat. Hal itu tak lepas dari berlanjutnya momentum positif yang telah terjadi sejak pertengahan tahun lalu.

IMF dalam laporan World Economic Outlook (WEO) April 2017 memproyeksikan, produk domestik bruto (PDB) dunia akan tumbuh 3,5% pada tahun ini, atau naik dari 3,1% pada 2016. Pertumbuhan tipis akan kembali berlanjut pada 2018 dengan mencapai 3,6%.

“Momentum positif dalam ekonomi global telah terbangun sejak pertengahan tahun lalu. Pertumbuhan ekonomi yang merata telah terjadi di mayoritas negara  maju, berkembang dan berpendapatan rendah,” kata Maurice Obstfeld, Konselor sekaligus Kepala Departemen Penelitian IMF, dalam keterangan resminya, Rabu (19/4/2017).

Dia juga menyebutkan bahwa pulihnya sektor manufaktur di sejumlah negara ekonomi utama dunia yang dibarengi oleh naiknya aktivitas perdagangan dunia, membuat pertumbuhan ekonomi sejumlah negara turut terakselerasi.

Kondisi terbaru tersebut membuat IMF memberanikan diri untuk merevisi naik proyeksi pertumbuhan ekonomi dunia pada 2017 sebesar 0,1% dari laporan sebelumnya yang diterbitkan pada Januari.

Sentimen positif terbesar bagi perekonomian  dunia a.l. datang dari Eropa dan Asia. Khusus untuk Asia, sentimen itu datang dari melesatnya sejumlah data ekonomi di China dan Jepang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper