Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

INFLASI APRIL: Transportasi dan Perumahan Berpeluang Jadi Penggerak Utama

Inflasi dari komponen transportasi dan perumahan, air, listrik, gas, dan bahan bakar diperkirakan akan membebani Indeks Harga Konsumen (IHK) April 2017.Ekonom DBS Bank Ltd Gundy Cahyadi mengungkapkan inflasi di dua komponen cenderung akan terakselerasi lebih jauh ke depannya karena keduanya bergantung pada pergerakan harga minyak.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA—Inflasi dari komponen transportasi dan perumahan, air, listrik, gas, dan bahan bakar diperkirakan akan membebani Indeks Harga Konsumen (IHK) April 2017.

Ekonom DBS Bank Ltd Gundy Cahyadi mengungkapkan inflasi di dua komponen cenderung akan terakselerasi lebih jauh ke depannya karena keduanya bergantung pada pergerakan harga minyak.

"Yang menjaga inflasi IHK [April 2017] didasarkan pada fakta bahwa inflasi pangan tetap rendah," ungkapnya, Selasa (25/4). Menurutnya, peningkatan inflasi pangan bisa dikendalikan sehingga inflasi IHK diperkirakan berkisar pada 4,5-5%. Dalam hal ini, Gundy memproyeksikan kemungkinan inflasi IHK bisa mencapai 5% pada akhir tahun.

Sebelumnya, Direktur Eksekutif Departemen Manajemen Strategis dan Tata Kelola Bank Indonesia Dody Budi Waluyo mengungkapkan IHK April diperkirakan mengarah kepada inflasi kendati masih dipengaruhi faktor panen raya. "April lebih mengarah ke inflasi, tetapi masih dalam level yang rendah," ungkapnya, pekan lalu (20/4).

Inflasi April ini, lanjutnya, disebabkan oleh kenaikan tarif listrik 900 VA pada Maret lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hadijah Alaydrus
Editor : Lutfi Zaenudin
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper