Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bappenas Apresiasi Pemda Berprestasi

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) mengapresiasi kinerja pemerintah daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota yang berprestasi dalam merencanakan pembangunan dalam Anugerah Pangripta Nusantara 2017.
/setkab.go.id
/setkab.go.id

Bisnis.com, JAKARTA -- Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) mengapresiasi kinerja pemerintah daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota yang berprestasi dalam merencanakan pembangunan dalam Anugerah Pangripta Nusantara 2017.

Pemberian Anugerah Pangripta Nusantara telah dilaksanakan sejak 2011.

Thohir Afandi, Kepala Biro Humas dan Tata Usaha Pimpinan Kementerian PPN/Bappenas, menuturkan pihaknya melakukan seleksi pemenang Anugerah Pangripta Nusantara 2017 dengan membentuk tim penilai yang terdiri atas Tim Penilai Independen, Tim Penilai Utama, dan Tim Penilai Teknis.

"Tim ini menyeleksi seluruh provinsi/kabupaten/kota melalui tiga tahap," ungkapnya dalam siaran pers, Rabu (26/4/2017).

Pertama, penilaian dokumen oleh Tim Penilai Teknis yang beranggotakan Perencana Muda sampai dengan Perencana Madya ataupun Pejabat Eselon III Kementerian PPN/Bappenas.

Kedua, penilaian proses perencanaan oleh Tim Penilai Utama yakni Pejabat Eselon II Kementerian PPN/Bappenas dan Tim Penilai Independen.

Ketiga, verifikasi dokumen dan proses perencanaan oleh Tim Penilai Independen yang beranggotakan para ahli di berbagai bidang penting yang dibutuhkan dalam perencanaan pembangunan nasional.

Dia menambahkan penghargaan Anugerah Pangripta Nusantara 2017 yang diberikan pada provinsi/kabupaten/kota terdiri atas tiga kategori, yakni Kategori dengan Perencanaan Terbaik, Kategori Inovasi Terbaik, dan Kategori Peningkatan Tertinggi Kualitas Perencanaan.

Adapun kategori dengan Perencanaan Terbaik dinilai dengan menggunakan 12 kriteria yang meliputi: keterkaitan; konsistensi; kelengkapan dan kedalaman; keterukuran; inovasi kebijakan; proses perencanaan dari bawah (bottom up); proses perencanaan dari atas (top down); proses perencanaan teknokratik; proses perencanaan politik; inovasi proses dan program daerah; tampilan dan materi presentasi; serta kemampuan presentasi dan penguasaan materi.

Kategori Inovasi Terbaik dalam Perencanaan ditetapkan dengan kriteria yaitu inovasi kebijakan; dan inovasi proses dan program daerah.

Sementara itu, kategori Peningkatan Tertinggi Kualitas Perencanaan ditetapkan dengan kriteria, yakni secara konsisten nilainya naik selama tiga periode penilaian berturut-turut; (b) nilai peningkatan total terbesar.

Dalam pemberian penghargaan tersebut, Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengungkapkan apresiasinya terhadap prestasi pemerintah daerah.

“Semoga prestasi ini dapat memotivasi semua pemerintah daerah untuk terus meningkatkan kualitas perencanaan pembangunan di daerah masing-masing,” ujarnya.

Pada 2018, dia berencana untuk mengganti penamaan Anugerah Pangripta Nusantara menjadi Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Terbaik, tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota dan penghargaan kepada Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota yang mengimplementasikan perencanaannya dengan baik.

Berikut daftar para pemenang Anugerah Pangripta Nusantara 2017:

Pemenang Anugerah Pangripta Nusantara 2017 Kategori Provinsi dengan Perencanaan Terbaik
Terbaik I : Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta
Terbaik II : Provinsi DKI Jakarta
Terbaik III : Provinsi Sumatera Selatan

Pemenang Anugerah Pangripta Nusantara 2017 Kategori Kabupaten dengan Perencanaan Terbaik
Terbaik I : Kabupaten Tabanan
Terbaik II : Kabupaten Ende
Terbaik III : Kabupaten Sigi

Pemenang Anugerah Pangripta Nusantara 2017 Kategori Kota dengan Perencanaan Terbaik
Terbaik I : Kota Batu
Terbaik II : Kota Pekalongan
Terbaik III : Kota Tanjung Pinang
Pemenang Anugerah Pangripta Nusantara 2017 Kategori Provinsi dengan Inovasi Terbaik dalam Perencanaan
DKI Jakarta

Pemenang Anugerah Pangripta Nusantara 2017 Kategori Kabupaten/Kota dengan Inovasi Terbaik dalam Perencanaan yaitu
Kabupaten Muara Enim

Sementara itu, pemenang Anugerah Pangripta Nusantara 2017 Kategori Provinsi dengan Peningkatan Tertinggi Kualitas Perencanaan adalah Provinsi Sulawesi Tengah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hadijah Alaydrus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper