Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PAJAK ITALIA: Google Janjikan Bayar Kewajiban

Induk perusahaan Google Inc yakni Alphabet Inc. sepakat untuk membayar kekurangan pajak usahanya selama ini di Italia.Kepala Otoritas Pajak Italia Rosella Orlandi dalam wawancaranya dengan surat kabar lokal La Repubblica menyebutkan, pihaknya dan Alphabet setuju untuk mengakhiri sengketa pajak. Pasalnya, perusahaan tekonologi asal AS itu telah menyerahkan proposal pelunasan pajak yang belum terbayar sejak 2009-2013.
Logo Google./Bloomberg-Andrew Harrer
Logo Google./Bloomberg-Andrew Harrer

ROMA—Induk perusahaan Google Inc yakni Alphabet Inc. sepakat untuk membayar kekurangan pajak usahanya selama ini di Italia.

Kepala Otoritas Pajak Italia Rosella Orlandi dalam wawancaranya dengan surat kabar lokal La Repubblica menyebutkan, pihaknya dan Alphabet setuju untuk mengakhiri sengketa pajak. Pasalnya, perusahaan tekonologi asal AS itu telah menyerahkan proposal pelunasan pajak yang belum terbayar sejak 2009-2013.

“Sedikit lagi kami akan menemukan solusi dengan Google atas sengketa pajak yang terjadi selama ini,” kata Orlandi, Rabu (3/5).

Menurut salah satu pejabat pajak Italia yang enggan disebut namanya, Alphabet telah bersedia untuk membayar kekurangan pajak senilai 280 juta euro kepada Italia. Proposal penyelesaian sengketa pajak dengan Negeri Pisa itu sebenarnya telah diserahkan oleh Alphabet sejak Januari lalu.

Seperti diketahui pada tahun lalu, Otoritas Pajak Italia telah menuding Google menghindari pembayaran pajak atas usahanya di Italia senilai 227 juta euro selama 2009-2013. Otoritas tersebut bakan mengancam akan mengenakan denda dan hukuman yang berat atas praktik penghindaran pajak tersebut.

Adapun, selain di Italia, Google dan induknya Alphabet juga terjerat kasus dugaan penyelewengan pajak di sejumlah negara di Eropa seperti Inggris dan Prancis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Lutfi Zaenudin
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper