Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Pesaing Perbankan Dalam Menghimpun Dana Pada 2017

Likuiditas perbankan sepanjang semester I/2017 masih cukup baik. Namun, perbankan tetap harus menghadapi beberapa tantangan likuiditas pada tahun ini.
ilustrasi/www.silverbearcafe.com
ilustrasi/www.silverbearcafe.com
Bisnis.com, JAKARTA – Likuiditas perbankan sepanjang semester I/2017 masih cukup baik. Namun, perbankan tetap harus menghadapi beberapa tantangan likuiditas pada tahun ini. 

Direktur PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Ahmad Siddik Badrudin mengatakan, likuiditas menjadi faktor yang sangat penting untuk pertumbuhan kredit. Sejauh ini, pergerakan pertumbuhan kredit siklusnya hampir sama dengan dana pihak ketiga (DPK). 

“Untuk itu, tantangannya adalah bagaimana perbankan bisa meningkatkan DPK untuk ekspansi kredit,” ujarnya dalam acara seminar risiko likuiditas dan dampaknya kepada industri perbankan 2017 pada Rabu (3/5). 

Di sisi lain, pertumbuhan DPK bank mendapatkan tantangan dari kebijakan pemerintah terkait kewajiban asuransi dan dana pihak ketiga harus memiliki surat berharga negara (SBN) dalam porsi tertentu. 

Siddik mengatakan, dampaknya, sampai Februari 2017 porsi investasi asuransi pada DPK sudah turun menjadi 15% dibandingkan dengan sebelumnya sebesar 23%. Jadi, hal itu punya pengaruh kepada likuiditas perbankan. 

“Untuk porsi investasi dana pensiun pada DPK menjadi 21% dibandingkan dengan sebelumnya sebesar 26%,” ujarnya. 

Dia menjelaskan, tantangan likuiditas perbankan tanah air lainnya yakni, tingkat kedalaman pasar uang yang masih cukup dangkal. 

“Untuk itu, dalam meningkatkan kedalaman pasar uang harus menjadi pekerjaan rumah bersama antara otoritas dan pelaku perbankan,” jelasnya. 

Meskipun begitu, sampai saat ini kondisi likuiditas perbankan Indonesia masih cukup baik dengan penempatan likuiditas bank pada Bank Indonesia sudah berada pada kisaran Rp402 triliun sampai dua bulan pertama tahun ini, sedangkan loan to funding ratio (LFR) berada pada posisi 87,35%. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper