Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pupuk Indonesia Kembangkan Pertanian di Merauke

Pupuk Indonesia (Persero) telah melakukan sejumlah langkah untuk mendukung Program Pertanian di Kabupaten Merauke, Papua.
PT Pupuk Indonesia/Antara-Rosa Panggabean
PT Pupuk Indonesia/Antara-Rosa Panggabean

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pupuk Indonesia (Persero) telah melakukan sejumlah langkah untuk mendukung Program Pertanian di Kabupaten Merauke, Papua. Salah satunya melalui riset di lahan seluas 200 hektare di SP 9, Distrik Tanah Miring, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua.

Kepala Corporate Communication PT Pupuk Indonesia (Persero), Wijaya Laksana mengatakan perseroan melakukan riset lahan untuk peningkatan produktivitas pertanian di Kabupaten Merauke. “upaya ini tentunya diharapkan dapat mendorong peningkatan produksi pangan nasional.” Kata Wijaya dalam siaran pers, Sabtu (6/5).

Dia menjelaskan, pihaknya melakukan kegiatan-kegiatan penelitian dan kajian terkait aspek pemupukan, pengelolaan sawah, produktivitas, hingga aspek pemasaran.

"Kami melakukan Riset bagaimana mengelolah lahan hingga pemupukan yang tepat di lahan-lahan tertentu seperti lahan-lahan gambut, lahan yang pasang surut, serta treatment apa yang dilakukan,” papar Wijaya.

 

"Kami harap juga bisa menjadi momentum bagi anggota holding PT Pupuk Indonesia untuk terus meningkatkan kerjasama dengan pihak lain yang saling menguntungkan serta dapat mengadakan unit usaha kegiatan di bidang pertanian. Melalui sinergi semacam ini, kami yakin akan dapat mendorong kinerja holding secara keseluruhan", ujarnya.

Pupuk Indonesia mendukung penuh upaya pemerintah dalam menjadikan Merauke sebagai salah satu lumbung pangan nasional. Untuk itu, selain dengan menempatkan secara khusus PT Pupuk Indonesia Pangan sebagai pengelola area pengembangan lahan pertanian, melalui anak usahanya di bidang pupuk yaitu PT Pupuk Kalimantan Timur dan PT Petrokimia Gresik, Pupuk Indonesia juga menyalurkan pupuk subsidi maupun non subsidi untuk petani di Kabupaten Merauke.

Pupuk Indonesia juga bekerja sama dengan Koperasi “Kawan Tani Sejati”, kerjasama itu ditandai dengan Penandatanganan Nota Kesepahaman Tentang Peningkatan Produktivitas Pertanian di Kabupaten Merauke pada akhir tahun lalu.

Kerja sama ini bertujuan untuk saling menunjang dalam mendukung upaya peningkatan produktivitas pertanian di Kabupaten Merauke. Upaya peningkatan produktivitas pertanian, tentunya diharapkan dapat mendorong peningkatan produksi pangan nasional.

Selain penyediaan pupuk, cucu perusahaan Pupuk Indonesia yaitu PT Petrosida ikut berperan dalam menyalurkan sarana produksi pertanian berupa pestisida dan produk hayati.

"Dengan sinergi Pupuk Indonesia Grup bersama Koperasi dan Dinas Pertanian setempat, diharapkan produktivitas pertanian di Kabupaten Merauke terus meningkat sehingga upaya pemerintah menuju swasembada pangan dapat segera tercapai."

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Fajar Sidik
Editor : Fajar Sidik
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper