Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pengumpulan Data Debitur, Ini Tantangan Pefindo Biro Kredit

PT Pefindo Biro Kredit memiliki tantangan dalam mengumpulkan data debitur yakni, mencari data debitur, terutama dari segmen usaha mikro yang belum tersentuh dengan sistem perbankan.

Bisnis.com, JAKARTA – PT Pefindo Biro Kredit memiliki tantangan dalam mengumpulkan data debitur, yakni mencari data debitur, terutama dari segmen usaha mikro yang belum tersentuh dengan sistem perbankan.

Direktur Utama Pefindo Biro Kredit Ronald T. Andi Kasim mengatakan, untuk bisa menghimpun data debitur yang belum masuk sistem perbankan, seperti debitur mikro, pihaknya akan menjamah data-data dari lembaga-lembaga lainnya.

"Kami mengambil data-data dari pihak lainnya, misalnya PT Telkom (Persero) Tbk. untuk data tagihan telpon," ujarnya setelah pembukaan pasar di Bursa Efek Indonesia pada Senin (8/5).

Pefindo Biro Kredit pun harus menghimpun data dari perusahaan pembiayaan. Pasalnya, data dari perusahaan pembiayaan belum ada seperti, data perbankan. Data-data itu nantinya akan dikumpulkan dan dibuat menjadi credit score tentang debitur baru maupun lama.

Ronald mengatakan, dengan credit score itu, harapannya akses pembiayaan kepada masyarakat berbagai kalangan, termasuk yang belum tersentuh oleh sistem perbankan, akan lebih mudah.

“Untuk yang belum tersentuh sistem perbankan, kami akan melihat penilaiannya dari segi pembayaran listrik, telepon, tidak ada masalah dengan Ditjen Pajak, dan kalau itu perusahaan akan dinilai juga apakah sudah mengikuti BPJS Ketenagakerjaan atau tidak. Semua data itu akan kami kumpulkan,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper