Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mandiri Tunas Finance Bidik Pembiayaan Rp20 Triliun

PT Mandiri Tunas Finance (MTF) membidik pembiayaan baru sebesar Rp20 triliun sepanjang tahun ini.
Mandiri Tunas Finance/mtf.co.id
Mandiri Tunas Finance/mtf.co.id

Bisnis.com, MANADO - PT Mandiri Tunas Finance (MTF) membidik pembiayaan baru sebesar Rp20 triliun sepanjang tahun ini. MTF bakal menambah jaringan kantor baru dan ekspansi pembiayaan syariah guna menopang target.

Harjanto Tjitohardjojo, Direktur Sales & Marketing MTF mengatakan hingga pertengahan Mei 2017 realisasi target pembiayaan telah mencapai Rp6,4 triliun atau 32% dari target.

"Hingga Juni [2017] kami targetkan Rp10 triliun dan Rp10 triliun lagi kami targetkan pada semester kedua," ungkapnya selepas membuka pameran MTF Autofiesta di Manado, Sulawesi Utara, pada Selasa (16/5/2017).

Menurut Harjanto, pembiayaan kendaraan bermotor tahun ini diperkikan makin meningkat, sejalan dengan pemulihan penjualan kendaraan bermotor, terutama roda empat.

Data Gaikindo menunjukkan, penjualan mobil di kuartal I/2017 naik 5,96% secara tahunan menjadi 283.245 unit. Adapun, secara bulanan, penjualan di Maret 2017 tumbuh 8,26% menjadi 101.872 unit.

Guna menarik nasabah, MTF bakal gencar menawarkan variasi skema pembiayaan. Harjanto menggambarkan nasabah bisa mendapat bunga 2,55% per tahun bila memenuhi uang muka 50% dari harga kendaraan.

Di samping itu, MTF juga menawarkan tenor pinjaman selama 7 tahun di mana saat ini hanya ada dua perusahaan yang menawarkan tenor sepanjang itu.

Harjanto menuturkan, anak usaha PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dan PT Tunas Ridean Tbk itu menggelar promosi undian berhadiah di mana nasabah yang memenangkan undian bakal mendapat benefit pengurangan jumlah angsuran.

Guna menjaring nasabah lebih banyak, MTF bakal menambah tiga cabang di Kawasan Timur Indonesia, mencakup Ambon, Sorong, dan Jayapura. Di samping itu, MTF juga bakal menambah cabang di Banyuwangi dan Ketapang. Walhasil, total jaringan kantor cabang perusahaan bakal mencapai 98.

Dia menuturkan prospek bisnis di KTI menjanjikan seiring tren pertumbuhan ekonomi yang tinggi di wilayah tersebut. Untuk diketahui, pertumbuhan ekonomi di Sulawesi pada kuartal I/2017 mencapai 6,87% dan menjadi yang tertinggi dibandingkan dengan kawasan lainnya.

Di sisi lain, MTF bakal meluncurkan pembiayaan syariah pada Agustus 2017 mendatang di ajang pameran Gaikindo Indonesia International Autoshow. Harjanto mengatakan perseroan telah melakukan uji coba di Jakarta dengan nilai pembiayaan mencapai Rp26 triliun.

Saat ini, MTF melakukan penyelarasan sistem dan ditargetkan pada Juni 2017 rampung, sehingga pada Agustus 2017 produk pembiayaan syariah bisa dilayani di seluruh kantor cabang. "Boleh dibilang, beban bunga syariah kami jauh lebih murah dibandingkan dengan yang ada sekarang."

MTF belum menentukan target khusus untuk ekspansi di pembiayaan syariah. Namun, Harjanto memastikan MTF bakal menggandeng PT Bank Syariah Mandiri untuk pemasaran produk pembiayaan syariah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rivki Maulana
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper