Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PDB Jepang Kuartal I/2017 Di Atas Perkiraan

Perekonomian Jepang berhasil tumbuh melampaui perkiraan pasar pada kuartal I/2017. Capaian ini berhasil memperpanjang tren ekspansi pada produk domestik bruto (PDB) Jepang selama enam kuartal berturut-turut.
Sejumlah alat berat saat pengerjaan konstruksi di Tokyo./.Reuters
Sejumlah alat berat saat pengerjaan konstruksi di Tokyo./.Reuters

Bisnis.com, JAKARTA— Perekonomian Jepang berhasil tumbuh melampaui perkiraan pasar pada kuartal I/2017. Capaian ini berhasil memperpanjang tren ekspansi pada produk domestik bruto (PDB) Jepang selama enam kuartal berturut-turut.

Kantor Kabinet Jepang dalam keterangan resminya menyebutkan, PDB kuartal I/2017 berhasil tumbuh 2,2%. Level  tersebut berhasil melampaui ekspektasi para ekonom yang disurvei Reuters yang memprediksi  pertumbuhan ekonomi Januari-maret 2017 akan melaju 1,7%.

Adapun, pertumbuhan pada periode tersebut menjadi laju tercepat sejak Januari tahun lalu, dan menjadi rekor ekspansi terlama sekaligus terpanjang selama satu dekade terakhir.

“Permintaan luar negeri yang kuat telah mendukung pemulihan yang mantap di Jepang,” tulis Kantor Kabinet Jepang dalam keterangan resminya, Kamis (18/5/2017).

Data ekonomi terbaru Negeri Sakura tersebut, menurut para ekonom akan menawarkan ruang yang lebar bagi Bank Sentral Jepang (BOJ) untuk mendorong laju inflasi domestik. Pasalnya, laju pertumbuhan inflasi negara tersebut masih cukup rendah, di tengah lambatnya pertumbuhan belanja rumah tangga masyarakat.

"Perekonomian Jepang sedang menikmati pertumbuhan yang baik  karena didorong oleh permintaan domestik dan eksternal. Belanja konsumen tetap relatif rendah, namun BOJ  masih memiliki ruang untuk memperbaiki sekaligus memacunya kembali,  kata Kyohei Morita, Kepala Ekonom Credit Agricole.

Sementara itu, Kantor Kabinet Jepang juga melaporkan PDB nominal turun 0,1% pada kuartal i/2017, setelah mencatatkan pertumbuhan yang cenderung mendatar pada Oktober-Desember.

Selain itu, konsumsi swasta, yang menyumbang sekitar 60% PDB Jepang, tercatat meningkat 0,4% pada kuartal pertama tahun ini. Capaian itu menyamai perkiraan pasar dan menjadikannya tetap tumbuh selama lima kuartal berturut-turut.

Adapun, belanja modal naik 0,2% pada periode yang sama. Jumlah itu berada di atas ekspektasi pasar yang memprediksi penurunan 0,4%. Di sisi lain permintaan di luar negeri, atau ekspor dikurangi impor, berhasil tumbuh  0,1%. Hal ini menandakan bahwa perbaikan ekonomi luar negeri mendukung pemulihan Jepang.

“Kami masih belum mengubah pandangan kami, bahwa perekonian nasional masih akan terus melanjutkan pemulihannya secara moderat.  Tapi kita tetap perlu memperhatikan ketidakpastian ekonomi luar negeri dan dampaknya pada volatilitas di pasar," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper