Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mandiri Siapkan Pembiayaan Pergudangan Milik Ciputra Group

Bank Mandiri menyiapkan pembiayaan untuk pembelian properti pergudangan milik PT Mitra Makmur Bagya (Ciputra Group) dengan skema kredit investasi.
Layanan nasabah di  kantor cabang PT Bank Mandiri, di Jakarta./JIBI-Nurul Hidayat
Layanan nasabah di kantor cabang PT Bank Mandiri, di Jakarta./JIBI-Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA – Bank Mandiri menyiapkan pembiayaan untuk pembelian properti pergudangan milik PT Mitra Makmur Bagya (Ciputra Group) dengan skema kredit investasi.

Dalam perjanjian ini, Bank Mandiri akan memberikan pembiayaan dengan limit sampai dengan Rp10 miliar kepada calon debitur, baik individu maupun badan usaha, yang telah mendapatkan rekomendasi Mitra Makmur Bagya, serta telah melalui proses verifikasi internal Mandiri. Adapun pembiayaan yang diberikan memiliki jangka maksimal 10 tahun.

Direktur Retail Banking Bank Mandiri Tardi mengatakan sinergi dengan Ciputra Group ini diharapkan dapat membantu para pengusaha untuk memiliki gudang guna penempatan barang hasil produksi dengan proses yang lebih mudah dan menguntungkan. Di sisi lain, Mitra Makmur Bagya juga akan memperoleh dana hasil penjualan gudang dengan lebih cepat.

“Ini adalah kerja sama dalam rangka untuk meningkatkan fasilitas skema produktif dalam rangka mendukung perusahaan atau pengusaha dari segmen komersial maupun middle komersial yang terkait UKM," tutur Tardi.

Dalam skema pembiayaan ini, tambah Tardi, pihaknya tetap mempersyaratkan minimal 20% dari nilai yang diakseptasi Bank Mandiri sebagai self financing. “Sehingga pembiayaan yang diberikan perseroan meliputi maksimal 80% dari nilai harga jual gudang tersebut,” jelasnya

Adapun secara total, Tardi melanjutkan, plafon yang dipersiapkan bagi seluruh debitur dalam program bersama Mitra Makmur Bagya mencapai Rp50 miliar.

“Ke depan, kami berharap dapat terus berinisiatif dalam menciptakan skema-skema keuangan yang dapat membantu para pengusaha dalam memenuhi kebutuhan bisnisnya, terutama terkait dengan aspek properti untuk usaha,”  ujar Tardi.

Di segmen properti, saat ini Bank Mandiri menjadi salah satu institusi keuangan dengan pangsa pasar yang baik. Hingga Maret 2017, komitmen pembiayaan Bank Mandiri ke sektor properti telah mencapai Rp21,9 triliun, meningkat 12,3% dari periode yang sama tahun sebelumnya, dengan nilai pencairan sebesar Rp11,1 triliun.

Sementara, Tardi juga menuturkan bank berkode emiten BMRI ini sampai tahun 2017 di segmen UKM belum agresif karena melakukan konsolidasi ke dalam. "Tapi kalau orang melihat kami sudah sangat agresif, outstanding kami Rp60 triliun, run off per bulan ada Rp2,5 triliun."

Adapun customer base terkait SME sebanyak 800.000 pengusaha pada segmen menengah yang bertansaksi di Bank Mandiri, dan yang sudah diberikan pembiayaan baru 50.000 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Fajar Sidik

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper