Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Genjot UKM, LPDB Gelontorkan Dana Bergulir di Babel

Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB-KUMKM) Kementerian Koperasi dan UKM menyosialisasikan program dana bergulir di Hotel Novotel, Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kamis (22/5/2017). LPDB diharapkan mampu menggenjot pertumbuhan koperasi UKM di Bangka Belitung.

Bisnis.com, PANGKALPINANG — Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB-KUMKM) Kementerian Koperasi dan UKM menyosialisasikan program dana bergulir di Hotel Novotel, Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Senin (22/5/2017). LPDB diharapkan mampu menggenjot pertumbuhan koperasi UKM di Bangka Belitung.

Direktur Utama LPDB-KUMKM Kementerian Koperasi dan UKM Kemas Danial mengatakan, dana LPDB-KUMKM hingga saat ini sudah digulirkan sebanyak Rp8,18 triliun, namun Babel masih sangat kecil dalam penyaluran dana dari LPDB sekitar Rp18 miliar yang sudah digulirkan di Babel.

Menurut Kemas, dana yang disiapkan LPDB-KUMKM merupakan dana bergulir kredit lunak dan bukan dana hibah sehingga harus dikembalikan oleh KUKM. Bunga kredit dana bergulir ini sangat kecil cuma 0,3% per bulan untuk sektor simpan pinjam, sedangkan untuk sektor rill disiapkan dengan bunga kredit 0,2% per bulan.

"Kami mengharapkan agar masyarakat Babel terutama pengelola koperasi dan UKM mendapat pemahaman yang baik bagaimana cara mendapatkan bantuan dana bergulir tersebut dan bagaimana mengelolanya. Selama ini penyaluran dana LPDB-KUMKM tidak gencar disosialisasikan supaya tidak menggangu penyaluran dana KUR dari pemerintah," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kejaksaan Tinggi provinsi Kepulauan Bangka Belitung Happy Hadiastuty mengatakan, kerja sama antara LPDB-KUMKM dengan Kejaksaan adalah langkah yang tepat, karena dalam melaksanakan tugasnya sangat mungkin LPDB- KUMKM menghadapi permasalahan hukum.

"Kejaksaan sebagai pengacara negara dapat mewakili pemerintah atau lembaga negara termasuk LPDB yang memang merupakan lembaga pemerintah yang bertugas menyalurkan pinjaman pembiayaan dana bergulir kepada KUMKM," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Syafri Ario

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper