Kerja Sama Bea Cukai, BNN, Dan Interpol Gagalkan Penyelundupan Narkotika Jaringan Afrika Dan China

Tangerang (24/5) - Bea Cukai melakukan operasi gabungan bersama BNN dan INTERPOL dengan Polri, Imigrasi, dan AVSEC dengan sandi operasi LIONFISH-ASEAN 2017.

Tangerang (24/5) - Bea Cukai melakukan operasi gabungan bersama BNN dan INTERPOL dengan Polri, Imigrasi, dan AVSEC dengan sandi operasi LIONFISH-ASEAN 2017. Operasi terhitung sejak 1-14 Mei 2017 berhasil mengungkap 2 kasus penyelundupan narkotika yang dilakukan oleh warga negara asing dengan masing-masing barang bukti 1,2 kg sabu dan 2,2 gram hasis.

Kasus pertama yang berhasil diungkap adalah penyelundupan 1.268 gram methamphetamin atau yang lebih dikenal sabu. Penyelundupan dilakukan oleh warga negara Afrika Selatan (42 tahun) berinisial ORM. Modus yang dilakukan tersangka dengan menelan 70 butir kapsul berisi sabu. 

Tersangka yang dikendalikan oleh 2 orang berinisial E dan MO dari Republik Benin, Afrika, Diamankan oleh petugas Bea Cukai sesaat setelah penerbangan minggu (7/5) dari Singapura mendarat di Bandara Soekarno Hatta.

Kerja Sama Bea Cukai, BNN, Dan Interpol Gagalkan Penyelundupan Narkotika Jaringan Afrika Dan China

Kasus kedua digagalkan petugas Bea Cukai pada Jumat (2/5) dengan mengamankan 2,2 gram hasis yang berasal dari china. Hasis tersebut ditemukan dari warga negara Mesir berinisial MT yang terbang dari Guangzhou, Cina. 

Penangkapan dilakukan setelah adanya pemeriksaan oleh petuga dan tim Ops Lionfish terhadap lintingan rokok dan padatan berminyak berwarna hitam kehijauan terbungkus kertas aluminium yang dimasukan ke dalam bungkus rokok. Hasil identifikasi menunjukkan barang tersebut adalah jenis THC yang termasuk narkotika golongan I yang termasuk dalam tanaman canabis (ganja) yang dikenal Hasis.

Kepala KPU Bea Cukai Soekarno Hatta, Erwin Situmorang, menerangkan bahwa operasi ini merupakan bukti kerjasama tukar informasi yang baik.  "Ini adalah hasil olahan informasi dari Interpol, BNN, dan Kepolisian yang disampaikan ke Bea Cukai," tutur Erwin dalam konferensi pers di Terminal Kedatangan Internasional Bandara Soekarno Hatta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : MediaDigital
Editor : MediaDigital
Sumber : Bea Cukai

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper