Dukung Kemajuan Perekonomian Nasional, Bea Cukai Lhokseumawe Sosialisasikan Fasilitas KITE IKM

Lhokseumawe Dalam rangka memberikan pemahaman terhadap para pengguna jasa kepabeanan terkait fasilitas Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE) untuk Industri Kecil dan Menengah (IKM), pada Selasa (23/05) Bea Cukai Lhokseumawe mengadakan sosialisasi fasilitas tersebut kepada para pengusaha IKM.

Lhokseumawe – Dalam rangka memberikan pemahaman terhadap para pengguna jasa kepabeanan terkait fasilitas Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE) untuk Industri Kecil dan Menengah (IKM), pada Selasa (23/05) Bea Cukai Lhokseumawe mengadakan sosialisasi fasilitas tersebut kepada para pengusaha IKM.

Turut hadir dalam acara tersebut perwakilan pemerintah daerah, perguruan tinggi, serta para pengusaha industri kecil dan menengah dari tujuh kabupaten kota di wilayah kerja Bea Cukai Lhokseumawe dan Kuala Langsa. Kepala Bidang Fasilitas Kepabeanan dan Cukai Kantor Wilayah Bea Cukai Aceh, Erwindra mengungkapkan bahwa Sosialisasi ini diadakan dalam rangka memberikan informasi tentang adanya kebijakan pemerintah yang memberikan kemudahan bagi pengusaha IKM.

“KITE-IKM merupakan fasilitas yang diberikan kepada industri kecil dan menengah yang melakukan kegiatan pengolahan, perakitan dan pemasangan bahan baku asal impor tujuan untuk diekspor, berupa pembebasan Bea Masuk serta PPN atau PPN dan PPnBM terutang tidak dipungut,” papar Erwindra. Dengan begitu para pengusaha IKM dapat memperoleh bahan baku impor yang lebih murah sehingga biaya produksi menurun, modal usaha bertambah, serta keuntungan dan daya saing meningkat.

Perwakilan dinas koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) yang turut hadir dalam acara tersebut mengungkapkan bahwa pihaknya akan membantu berjalannya fasilitas KITE IKM sehingga para pelaku usaha dapat meningkatkan perekonomian dan mengembangkan usaha. Tak hanya itu, perwakilan Indonesia Exim Bank turut mengungkapkan “Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat membangkitkan minat pengusaha IKM untuk dapat menggunakan fasilitas kemudahan ini yang pada akhirnya nanti akan menjadi stimulus dan meningkatkan daya saing pelaku IKM untuk melakukan kegiatan ekspor barang produksinya.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : MediaDigital
Editor : MediaDigital
Sumber : Bea Cukai

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper