Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pascakepemimpinan Trump, Daya Saing Bisnis Global AS Anjlok

Peringkat daya saing global Amerika Serikat tercatat mengalami penurunan setelah Donald Trump terpilih sebagai Presiden AS.

Bisnis.com, JAKARTA— Peringkat daya saing global Amerika Serikat tercatat mengalami penurunan setelah Donald Trump terpilih sebagai Presiden AS.

Dalam laporan IMD World Competitiveness Centre 2017, Paman Sam menempati peringkat empat dari 63 negara yang disurvei.

Laporan itu menyebutkan bahwa persepsi para eksekutif bisnis global tentang perekonomian AS telah memburuk seiring meningkatnya isu proteksionisme dan ancaman ketidakstabilan politik pascaterpilihnya Trump.

Situasi itu membuat AS harus terlempar dari posisi tiga besar yang telah ditempatinya selama beberapa tahun terakhir. AS harus puas berada di bawah Hong Kong, Swiss dan Singapura. Padahal Washington sempat menempati peringkat teratas pada 2015.

“Saya bingung tentang AS, jujur saja, karena biasanya mereka konsisten di tiga besar. Sudah jelas bahwa ada persepsi negatif yang meningkat di negara ini,” ujar ekonom senior IMD World Competitiveness Center Jose Caballero, seperti dikutip dari Bloomberg, Kamis (1/6/2017).

Namun demikian Caballero menyatakan survei yang dilakukan kepada lebih dari 6.250 eksekutif bisnis dunia tersebut tidak memiliki tendensi politis apapun di seluruh negara, termasuk AS. Dia menegaskan, terdapat 261 indikator yang dijadikan penilaian oleh lembaganya.

Para eksekutif bisnis, lanjutnya, khawatir ancaman proteksionisme dan ketidakstabilan politik akan menganggu efisensi bisnis mereka di AS. Meskipun, para pebisnis tersebut optimis ekonomi AS akan sedikit terbantu oleh turunnya angka pengangguran dan mulai stabilnya laju inflasi nasional.

Caballero mengatakan, laporan daya saing global tahun depan diprediksi bakal memberikan gambaran yang lebih jelas dan pasti mengenai dampak kepemimpinan Trump pada daya saing berbisnis AS.

Pasalnya, Washington diperkirakan akan mulai menunjukkan kejelasan mengenai kampanye kebijakan Trump selama ini. Beberapa kebijakan yang diperkirakan akan meningkatkan daya saing global AS adalah pemangkasan tarif pajak domestik dan deregulasi aturan bisnis yang selama ini didengungkan oleh kabinet Presiden ke-45 AS tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Bloomberg

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper