Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BPJS Ketenagakerjaan Perkenalkan Model Perlindungan Pekerja Ojek Online di Berlin

BPJS Ketenagakerjaan memperkenalkan model perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi pekerja rentan dan pekerja jenis ekonomi baru berbasis teknologi digital, seperti pekerja ojek online, dalam pertemuan Organization of Economic Co-operation and Development (OECD) & International Social Security Association (ISSA).
Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto memperkenalkan model penjaminan pekerja rentan dan ojek online dalam pertemuan ISSA & OECD bertajuk The Future of Social Protection yang diselenggarakan di Berlin pada Senin (12/6/2017).
Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto memperkenalkan model penjaminan pekerja rentan dan ojek online dalam pertemuan ISSA & OECD bertajuk The Future of Social Protection yang diselenggarakan di Berlin pada Senin (12/6/2017).

Bisnis.com, BERLIN - BPJS Ketenagakerjaan memperkenalkan model perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi pekerja rentan dan pekerja jenis ekonomi baru berbasis teknologi digital, seperti pekerja ojek online, dalam pertemuan Organization of Economic Co-operation and Development (OECD) & International Social Security Association (ISSA).

Dalam pertemuan bertajuk "The Future of Social Protection" yang diselenggarakan di Berlin pada Senin (12/6/2017). Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto memperkenalkan terobosannya dalam kurun waktu satu tahun terakhir, mendapat perhatian khusus dari petinggi dan pemerhati jaminan sosial dunia, yang tergabung dalam ISSA, OECD serta Kementerian Tenaga Kerja Jerman. Khususnya dalam hal perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi pekerja rentan dan pekerja jenis ekonomi baru berbasis teknologi digital seperti ojek pnline.

"BPJS Ketenagakerjaan diundang khusus menjadi salah satu visiting speaker dalam pertemuan tersebut untuk berbagi pengalaman tentang pelaksanaan program perlindungan bagi Pekerja Rentan melalui Gerakan Nasional Peduli Perlindungan Pekerja Rentan (GN Lingkaran) dan pekerja Ojek Online. Pada pertemuan yang dihadiri 25 negara ini, BPJS Ketenagakerjaan membuka mata dunia internasional bahwa masih terdapat sektor pekerja yang perlu mendapatkan perhatian serius dalam perlindungan jaminan sosial," ujar Agus Susanto dalam siaran pers yang diterima Bisnis.com, Selasa (13/6).

Dalam materinya, Agus mengangkat situasi terkini pada pekerja kategori pekerja rentan, yang jumlahnya cukup tinggi di Indonesia. GN Lingkaran yang digagas BPJS Ketenagakerjaan, menjadi salah satu terobosan pemberian perlindungan bagi pekerja yang masuk dalam kategori tersebut, di mana jumlahnya cukup besar, terutama di daerah perkotaan.

Hal itu, didorong oleh pembangunan infrastruktur yang pesat dan kurangnya kesempatan kerja di daerah asal, menyebabkan mereka tertarik untuk datang dan mengadu nasib di kota, khususnya Jakarta. “Para pekerja rentan ini tidak mampu untuk ikut perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan. Karena itu kami mengembangkan sistem crowdfunding untuk donasi pembayaran iuran kepesertaan mereka dengan memanfaatkan dana CSR atau sumbangan individu,” kata Agus.

Jumlah pekerja rentan yang telah dilindungi oleh GN Lingkaran saat ini telah mencapai 300.000 orang di seluruh Indonesia. Selain GN Lingkaran, Agus Susanto juga menekankan urgensi perlindungan jaminan sosial bagi ojek online di hadapan forum ISSA dan menyebut bahwa jenis ekonomi baru yang satu ini memiliki risiko pekerjaan yang tinggi.

Oleh karena itu, perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan, khususnya program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), sangat penting untuk menghindari risiko-risiko pekerjaan yang rawan terjadi saat bekerja.

“Ojek Online sangat rawan terkena dampak sosial ekonomi apabila mengalami risiko kerja. Kami berusaha terus menjadikan mereka peserta melalui pendekatan komunitas. Saat ini sudah lebih dari 20.000 pekerja ojek online terlindungi oleh BPJS Ketenagakerjaan di seluruh Indonesia” ujar Agus.

Munculnya jenis ekonomi baru di Indonesia ini sudah diantisipasi oleh BPJS Ketenagakerjaan melalui program perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan sektor pekerja Bukan Penerima Upah (BPU). Pekerja dalam sektor ini bisa mendapatkan perlindungan dengan iuran yang sangat terjangkau yaitu sebesar Rp16.800 untuk 2 program perlindungan, JKK dan Jaminan Kematian.

Menurut Agus, langkah-langkah BPJS Ketenagakerjaan ini mendapatkan apresiasi dalam forum tersebut dan akan dibahas lebih lanjut untuk dapat dipelajari dan diterapkan pada negara anggota ISSA dan OECD. Karena inisiatif tersebut sesuai dengan semangat ISSA untuk memastikan perlindungan jaminan sosial bagi seluruh masyarakat dan prinsip "No One Left Behind" pada program Sustanainable Development dari Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB).

“Kami akan terus melakukan inovasi dan berkolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk dari luar negeri untuk memastikan perlindungan menyeluruh bagi pekerja Indonesia dan pemberian manfaat sebesar-besarnya untuk meningkatkan kesejahteraan para pekerja Indonesia,” tegas Agus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Fajar Sidik
Editor : Fajar Sidik
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper