Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

The Fed Naikkan Suku Bunga, Rencana Kenaikan Lanjutan Disiapkan

Bank sentral Amerika Serikat (AS) The Federal Reserve menaikkan suku bunga acuannya pada hari Rabu waktu setempat (Kamis dinihari WIB). Penaikan suku bunga ini dilakukan untuk yang kedua kalinya dalam tiga bulan.
Bank sentral AS The Federal Reserve/Reuters-Larry Downing
Bank sentral AS The Federal Reserve/Reuters-Larry Downing

Bisnis.com, JAKARTA – Bank sentral Amerika Serikat (AS) The Federal Reserve menaikkan suku bunga acuannya pada hari Rabu waktu setempat (Kamis dinihari WIB). Penaikan suku bunga ini dilakukan untuk yang kedua kalinya dalam tiga bulan.

The Fed juga menyatakan akan mulai mengurangi kepemilikan obligasi dan surat berharga lainnya tahun ini. Pernyataan ini menunjukkan optimisme terhadap tumbuhnya ekonomi AS dan penguatan pasar kerja.

Suku bunga acuan AS naik sebesar 25 basis poin ke kisaran target 1%-1,25%. The Fed juga memproyeksikan satu kali kenaikan lanjutan untuk tahun ini dan tampak mengesampingkan sejumlah data ekonomi yang menunjukkan beragam hasil baru-baru ini.

Rapat Komite Federal (Federal Open Market Committee/FOMC) menyatakan bahwa ekonomi AS terus menguat dan kenaikan lapangan kerja tetap solid serta mengindikasikan untuk tidak mengkhawatirkan data inflasi baru-baru ini.

The Fed juga memaparkan garis besar awal mengenai rencananya untuk mengurangi portofolio obligasi senilai US$4,2 triliun, yang sebagian besar dibeli pasca krisis keuangan dan resesi 2007-2009.

Normalisasi neraca keuangan diharapkan akan mulai tahun ini secara bertahap. Namun rencana tersebut, yang akan mengutamakan penghentian reinvestasi sejumlah surat berharga yang jatuh tempo, tidak merinci ukuran keseluruhan pengurangan tersebut.

“Apa yang dapat saya katakan adalah bahwa kami mengantisipasi pengurangan neraca cadangan dan keseluruhan neraca keuangan kami ke tingkat di bawah yang pernah terlihat dalam beberapa tahun terakhir namun lebih besar daripada sebelum krisis keuangan,” jelas Gubernur Fed Janet Yellen, dalam sebuah konferensi pers setelah rilis pernyataan kebijakan Fed, seperti dikutip dari Reuters (Kamis, 15/6/2017).

Yellen menambahkan bahwa normalisasi neraca dapat diberlakukan relatif segera.

Langkah awal untuk pengurangan kepemilikan obligasi The Fed akan ditetapkan pada US$6 miliar per bulan, kemudian meningkat sebesar US$6 miliar setiap tiga bulan dalam jangka waktu 12 bulan hingga mencapai US$30 miliar per bulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper