Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Edukasi Duit: Kejar Aset, Keluarlah dari Orbit

Orbit planet Venus itu orang-orang yang berada di golongan atas. Kelompok ini kalau misalnya pinjam di bank, paling bayar cicilan dengan bunga antara 6%8%.
Goenardjoadi Goenawan. / Bisnis-swi
Goenardjoadi Goenawan. / Bisnis-swi

Bisnis.com, JAKARTA — Pernahkan Anda melintas di kawasan Bumi Serpong Damai (BSD)? Kawasan ini berkembang pesat, deretan perumahan dari mulai kelas menengah hingga atas bermunculan. Apartemen-apartemen juga berderet.

Pusat belanja, gedung konvensi, semua ada di Serpong. Mall AEON, International Convention and Exhibition (ICE). Ada juga kantor Unilever, Apple Incorporated.  Bayangkan kantornya Apple dibangun di Serpong.

Apartemen keren seperti Casa de Parco atau SOHO Roseville dan beberapa apartemen lain juga ada di sekitaran Serpong. Konon, proyek apartemen di Serpong mencakup 20.000 unit yang siap dipasarkan.

Taruhlah harga rata-rata apartemen itu Rp600 juta sampai Rp1 miliar, ada aset total sekitar Rp20 triliun dan tentu akan terus berkembang karena prinsip investasi properti adalah aset yang terus dikembangkan selalu naik.

Kadang kita heran, apartemen seharga Rp1 miliar itu siapa yang beli? Di sini saya mencoba memberi kunci.

Ibarat orbit, ada dua kelompok orbit dalam kehidupan kita. Orbit planet Venus dan planet Merkurius.

Orbit planet Venus itu orang-orang yang berada di golongan atas. Kelompok ini kalau misalnya pinjam di bank, paling bayar cicilan dengan bunga antara 6%—8%.

ORBIT MERKURIUS

Bayangkan dengan orang di orbit planet merkurius yang kalau nyari pinjaman bingung agunan, kalau enggak punya agunan yang bunganya lebih besar. Bunga kartu kredit saja bisa sampai 35% - 70%.

Di orbit merkurius dikenal uang sebagai sembilan bahan pokok (sembako) kebutuhan yang mendesak,  kenapa?  Ya bayangkan bila Anda mencicil mobil merek Avanza setara dengan golongan orbit Venus yang membayar Mercedes.  Masak sama?  Ya.  Orbit Venus membayar uang dengan bunga 10 kali lebih ringan.

ORBIT VENUS

Di Venus, otomatis uang berlebih.  Kalau di Venus, katakan ada kelebihan uang Rp10 juta per bulan, langsung berpikir uangnya mau dipakai untuk apa?

Jadi, sesekali, kelompok di orbit merkurius ini harus belajar dari Venus. Kuncinya untuk kelompok Merkurius bisa masuk ke orbit Venus yang mengerti dan mengenal pola pikir orang-orang di orbit Venus.

Jadi kadang kita harus keluar orbit. Proyek-proyek properti di Serpong itu, banyak dan semua harus laku. Bila Anda kenal bos atau orang kenalan Anda dari planet Venus,  jangan dibiarkan segera ambil aksi.

Penulis

Ir Goenardjoadi Goenawan MM

Penulis buku money intelligent dan Kekuasaan itu Key Driving Force Uang

081219819915

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : News Editor
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper