Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

STIMULUS MONETER JEPANG: BOJ Kembali Pertahankan Suku Bunga Negatif

Bank of Japan (BOJ) memutuskan untuk mempertahankan kebijakan moneternya serta menyuguhkan pandangan yang lebih optimistis mengenai konsumsi swasta dan ekonomi luar negeri.
Bank of Japan/REUTERS
Bank of Japan/REUTERS

Bisnis.com, JAKARTA – Bank of Japan (BOJ) memutuskan untuk mempertahankan kebijakan moneternya serta menyuguhkan pandangan yang lebih optimistis mengenai konsumsi swasta dan ekonomi luar negeri.

Hal ini menandakan keyakinan bank sentral Jepang tersebut bahwa pemulihan ekonomi telah mendapatkan momentumnya.

“Konsumsi swasta telah meningkatkan ketahanan terhadap latar belakang perbaikan yang stabil dalam situasi ketenagakerjaan dan pendapatan,” papar BOJ dalam sebuah pernyataan yang mengumumkan keputusan kebijakan tersebut, dikutip Reuters (Jumat, 16/6/2017).

Seperti yang telah banyak diantisipasi, BOJ mempertahankan suku bunga negatif 0,1% yang dikenakannya pada sebagian dari kelebihan cadangan yang ditempatkan oleh lembaga-lembaga keuangan.

Dalam ulasan pertemuan kebijakan moneter dua harinya yang berakhir hari ini, BOJ juga mempertahankan target imbal hasil untuk obligasi pemerintah Jepang berjangka 10 tahun di kisaran 0%.

Keputusan BOJ keluar sehari setelah bank sentral Amerika Serikat (AS) The Federal Reserve memutuskan untuk menaikkan suku bunga acuan (Fed Funds Rate/FFR) sebesar 25 basis poin ke kisaran 1%-1,25% serta berencana memulai normalisasi neracanya.

Gubernur BOJ Haruhiko Kuroda dijadwalkan akan menggelar konferensi pers untuk menjelaskan keputusan tersebut pada pukul 3.30 sore waktu Tokyo (siang ini WIB).

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper