Bea Cukai Jawa Tengah Gagalkan Penyelundupan Shabu Bermodus Paket Teh Kemasan

Semarang (21/06) Bea Cukai Jawa Tengah berhasil menggagalkan upaya penyelundupan paket narkotika jenis shabu asal Taiwan.

Semarang (21/06) – Bea Cukai Jawa Tengah berhasil menggagalkan upaya penyelundupan paket narkotika jenis shabu asal Taiwan. Berawal dari kecurigaan petugas Bea Cukai terhadap sebuah paket asal Taiwan berupa teh kemasan dari China yang di dalamnya terselip amplop berisi serbuk putih berbentuk kristal seberat 11 gram.

Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Jawa Tengah dan DIY, Untung Basuki, mengungkapkan bahwa paket tersebut dikirim melalui kantor pos, “petugas kemudian melakukan uji laboratorium terhadap paket tersebut. Hasilnya positif serbuk putih tersebut berupa shabu,” ungkapnya. Kemudian petugas Bea Cukai mengoordinasikan dengan BNNP untuk melakukan controlled delivery. Paket yang berasal dari Taiwan tersebut, dirikimkan dengan penerima berinisial MDS yang beralamat di Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati.

Pada Senin (19/06), petugas Bea Cukai berkoordinasi dengan BNNP Jawa Tengah dan petugas Kantor Pos. tim gabungan kemudian melakukan surviellance terhadap alamat target. Keeseokan harinya, Selasa (20/06), tim gabungan menemukan seseorang yang mengambil paket tersebut di kantor pos. “Tim gabungan kemudian melakukan penangkapan terhadap pengambil paket tersebut, setelah dicocokkan ternyata sama,” ungkap Untung. Untuk pemeriksaan dan pengembangan lebih lanjut, tersangka dibawa ke kantor BNNP Jateng untuk dilakukan pemeriksaan lebih mendalam.

Dalam konferensi pers yang diadakan Rabu (21/06), Untung mengungkapkan bahwa upaya penggagalan penyelundupan shabu ini tak lepas dari kerja sama antara Bea Cukai, BNNP Jawa Tengah, dan Kantor Pos. Dirinya juga mengimbau untuk waspada terhadap penyelundupan narkotika karena saat ini wilayah yang dijangkau telah mencapai daerah terpencil. “Bea Cukai akan terus bersinergi dengan aparat penegak hukum lainnya dalam mengamankan masyarakat dari upaya penyelundupan narkotika,” pungkas Untung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : MediaDigital
Editor : MediaDigital
Sumber : Bea Cukai

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper