Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

EKONOMI CHINA: Profit Manufaktur Mei Tumbuh 16,7%

Profit industri manufaktur China pada Mei 2017 tumbuh 16,7% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya seiring membaiknya permintaan global.
Manufaktur China/Reuters
Manufaktur China/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Profit industri manufaktur China pada Mei 2017 tumbuh 16,7% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya seiring membaiknya permintaan global.

Badan statistik nasional China, yang dikutip oleh Bloomberg, mencatat pendapatan manufaktur pada Mei 2017 mencapai US$91,5 miliar. Di sisi lain, pertumbuhan pada April 2017 tercatat 14%, sedangkan pada Mei 2016 sebesar 8,5%.

Para ekonom memperkirakan inflasi pabrik yang lebih lambat di China pada semester kedua tahun ini akan mengurangi keuntungan industri dan selanjutnya mengikis proses refleksi global yang telah berlangsung sejak tahun lalu. Namun, ekspor China tetap kuat karena permintaan dari pasar AS dan Eropa membaik, yang membantu meningkatkan sentimen ekonomi.

"Reformasi ekonomi yang berkelanjutan dapat membantu mendukung prospek pertumbuhan jangka panjang China dan mempercepat transisi China ke ekonomi berbasis konsumen," menurut sebuah laporan yang ditulis oleh ekonom China International Capital Corp.(CICC).

CICC mengatakan bahwa mereka mempertahankan perkiraan bahwa produk domestik bruto akan berkembang 6,8% tahun ini.
Pertumbuhan profit ini terakselerasi seiring mrmbaiknya penjualan dan imbal hasil investasi, yang berlawanan dengan malambatnya inflasi pabrikan.

Sementara itu, biaya input rata-rata untuk perusahaan besar di bisnis utama mereka menurun, biaya untuk perusahaan kecil meningkat, yang telah "menimbulkan kekhawatiran," kata biro statistik dalam pernyataannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper