Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indeks Sentimen Konsumen Korea Selatan Sentuh Level Tertinggi

Bank sentral Korea Selatan mengumumkan kenaikan indeks sentimen konsumer yang naik ke level tertinggi dalam lima bulan berturut-turut. n
Korea Selatan/Istimewa
Korea Selatan/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA--Bank sentral Korea Selatan mengumumkan kenaikan indeks sentimen konsumer yang naik ke level tertinggi dalam lima bulan berturut-turut.

Dilansir Xinhua, kepercayaan konsumen di Korea Selatan terus meningkat seiring kondisi perekonomian Negeri Ginseng yang cenderung membaik seiring ekspektasi terhadap pemerintahan baru.

Pada Selasa (27/6), bank sentral Korea Selatan mengungkap composite consumer sentiment index (CCSI) berada pada level 111,1 pada Juni 2017. Level CCSI naik 3,1% dibandingkan bulan sebelumnya. Adapun indeks CCSI di atas 100 poin mencerminkan optimisme terhadap kondisi perekonomian.

Indeks CCSI menyentuh level tertinggi selama lebih dari enam setengah tahun sejak Januari 2011. Sepanjang tahun ini, CCSI berada pada tren naik dalam lima bulan berturut-turut setelah terpuruk ke level 93,3 pada Januari 2017 akibat pemakzulan mantan Presiden Park Geun-hye.

Rebound indeks CCSI dinilai mencerminkan ekspektasi terhadap jajaran pemerintahan baru hasil Pemilu yang digelar pada 9 Mei 2017 yang dimenangkan oleh Moon Jae-in.

Di sisi lain, indeks yang mencerminkan sentimen terhadap kondisi perekonomian saat ini ikut naik 11 poin ke level 93 pada Juni. Adapun, kesempatan kerja naik 8 poin ke level 121.

Sementara itu, ekspektasi inflasi yang merefleksikan prospek inflasi inti dalam 12 bulan ke depan tercatat sebesar 2,6% pada Juni atau naik 0,1% dibandingkan bulan sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ana Noviani
Sumber : Xinhua
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper