Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hari Koperasi Nasional : BRI Teken Kesepahaman dengan Dekopin

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. melakukan penandatangan nota kesepahaman dengan Dewan Koperasi Indonesia mengenai peningkatan produktivitas usaha dan perluasan akses jasa layanan perbankan kepada koperasi.
Pengunjung melintasi logo Bank BRI di sebuah pusat perbelanjaan di Jakarta, Senin (13/4). /Bisnis.com
Pengunjung melintasi logo Bank BRI di sebuah pusat perbelanjaan di Jakarta, Senin (13/4). /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. melakukan penandatangan nota kesepahaman dengan Dewan Koperasi Indonesia mengenai peningkatan produktivitas usaha dan perluasan akses jasa layanan perbankan kepada koperasi.

Aksi penandatangan nota kesepahaman antara perseroan dengan Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) itu juga dalam ranga memperingati Hari Koperasi Nasional ke-70 yang diselenggarakan di kota Makassar dengan tema Membangun Komitmen Untuk Mewujudkan Koperasi Sebagai Pilar Negara.

Dalam keterangan resmi pada Rabu (12/7), Sekretaris Perusahaan Bank Rakyat Indonesia Hari Siaga mengatakan, nota kesepahaman tersebut rencananya akan ditindaklanjuti dengan skema pembiayaan atau layanan jasa perbankkan lainnya yang dapat menunjang kegiatan usaha koperasi dan anggotanya secara menyeluruh.

“Nota Kesepahaman ini sebagai langkah tindak lanjut komitmen kami untuk meningkatkan keterlibatan koperasi dalam memperkuat akses layanan keuangan bagi seluruh masyarakat di Indonesia,” ujarnya.

Untuk memperkuat dukunganya dalam acara tersebut, BRI kali ini juga berpartisipasi sebagai peserta dalam ajang Harkopnas EXPO dengan mendirikan Booth dan melibatkan nasabah binaannya, yakni Ketua Koperasi Rumput Laut Center (RLC), Agen Lakupandai, E-Pasar BRI yang mengajak pelaku UMKM tradisional untuk melakukan pemasaran secara online sekaligus sebagai informasi produk pasar tradisional.

Di sisi lain, BRI membuka layanan Coaching Clinic/ pembinaan dan konsultasi bagi para pengusaha UMKM mengenai layanan perbankankan Bank BRI. Keikutsertaan BRI pada acara ini ini merupakan bentuk keseriusan BRI untuk terus meningkatkan kapabilitas nasabahnya.

Pada kesempatan yang sama BRI juga melakukan penyerahan Kredit Usaha Rakyat (KUR) secara simbolis kepada nasabah BRI di Kota Makassar masing –masing sebesar Rp. 25 juta.

Penyerahan KUR sebagai bentuk tanggung jawab BRI untuk mendukung program pemerintah dalam memperkuat penyerapan KUR di Indonesia.

Sebagaimana diketahui, saat ini Bank BRI merupakan penyalur KUR terbesar di Indonesia dengan total penyaluran pada Juni 2017 sebesar Rp 34.5 triliun dengan total nasabah pinjaman KUR sebanyak 1.8 juta orang debitur KUR.

Apabila dihitung sejak peluncuran KUR skema baru pada bulan Agustus 2015, BRI telah berhasil menyalurkan KUR senilai Rp. 120 Triliun kepada lebih dari 6,7 juta debitur baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Surya Rianto
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper