Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Asmawi Syam Jabat Dirut Askrindo

Kementerian BUMN akhirnya mengangkat secara resmi Asmawi Syam sebagai Direktur Utama PT Asuransi Kredit Indonesia (Persero) atau Askrindo.
Mantan Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia Tbk Asmawi Syam/JIBI-Dedi Gunawan
Mantan Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia Tbk Asmawi Syam/JIBI-Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian BUMN akhirnya mengangkat secara resmi Asmawi Syam sebagai Direktur Utama PT Asuransi Kredit Indonesia (Persero) atau Askrindo.

Keputusan itu ditetapkan melalui surat No. : SK-130/MBU/7/2017 tanggal 14 Juli 2017 tentang Pengangkatan Direktur Utama Perusahaan Perseroan (Persero) PT Asuransi Kredit Indonesia (Persero).

Deputi Bidang Infrastruktur Bisnis Kementerian BUMN Hambra mengatakan pemilihan mantan Dirut PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. (Persero) itu didasari oleh kapabilitas, pengalaman panjang, dan kepemimpinan yang dinilai dapat memperkuat Askrindo sebagai perusahaan penanggung risiko yang unggul dengan layanan global guna mendukung perekonomian nasional.

“Melalui penetapan Dirut baru ini diharapkan Askrindo dapat semakin meningkatkan kinerja dari sisi pendapatan penjaminan kredit, baik berupa penugasan pemerintah (Kredit Usaha Rakyat/KUR) maupun usaha yang berbasis komersial, premi asuransi, pendapatan subrogasi serta pendapatan dari hasil investasi,” ujar Hambra dalam keterangan resmi, Sabtu (15/7/2017).

Menanggapi penunjukkannya itu, Asmawi Syam mengungkapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kepercayaan yang diberikan untuk memimpin BUMN tersebut. Di bawah kepemimpinannya, dia berharap Askrindo akan semakin kuat dalam perannya sebagai penjamin kredit Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Menurutnya, salah satu prioritas utama adalah melalui peningkatan sinergi antara Askrindo dengan bank-bank penyalur KUR.

"Sinergi tersebut diharapkan dapat semakin memberikan dukungan dan kemudahan bagi para pelaku UMKM dalam mengembangkan usahanya,” kata dia.

Asmawi Syam sebelumnya menjabat sebagai Direktur Utama Bank BRI pada periode 2015-2017 serta Direktur Bisnis Kelembagaan Bank BRI tahun 2007-2014.

Memulai karir perbankan di BRI sejak tahun 1980, Asmawi Syam telah menduduki berbagai jabatan manajerial, antara lain Kepala Divisi Bisnis Umum, Kepala Divisi Consumer Banking, Pemimpin Wilayah Bandung, Pemimpin Wilayah Denpasar, sehingga memiliki pengalaman yang luas di bidang industri perbankan dan jasa keuangan.

Pengangkatan Asmawi Syam sebagai Dirut Baru Askrindo mengisi jabatan yang sebelumnya telah lowong sekitar tiga bulan sejak Direktur Utama sebelumnya Budi Tjahjono diberhentikan pada tanggal 4 Mei 2017 melalui Surat Keputusan Menteri BUMN No. SK-91/MBU/05/2017.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper