Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BKPM: Swiss Business Hub Diharap Genjot Investasi Langsung

BKPM) berharap Swiss Business Hub Indonesia dapat meningkatkan realisasi investasi negara tersebut yang sepanjang 2 tahun terakhir hingga Maret 2017 baru US$454,3 juta.
Presiden Switzerland Global Enterprises Ruth Metzler-Arnold/Youtube
Presiden Switzerland Global Enterprises Ruth Metzler-Arnold/Youtube

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) berharap Swiss Business Hub Indonesia dapat meningkatkan realisasi investasi negara tersebut yang sepanjang 2 tahun terakhir hingga Maret 2017 baru US$454,3 juta.

Deputi Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal BKPM Azhar Lubis mengatakan pihaknya akan dengan adanya Swiss Business Hub (SBH) Indonesia diharapkan keberadaan investor swiss di Indonesia lebih meningkat lagi. Untuk itu, dia menuturkan BKPM akan melakukan kerja sama dengan SBH.

"Tentu BKPM akan melakukan kerja sama dengan SBHI tersebut sebagaimana selama ini sudah terjalin kerja sama yang cukup baik dengan kedutaan Swiss di Jakarta," katanya kepada Bisnis Minggu (16/7/2017).

Dia mengungkapkan kerja sama yang dilakukan salah satunya memberikan asistensi jika ada delegasi bisnis dari Swiss yang akan berkunjung ke daerah-daerah di Indonesia, begitu juga sebaliknya terhadap delegasi Indonesia yang akan datang ke negara tersebut.

BKPM sangat mengapresiasi atas pendirian SBH tersebut karena kebijakan ini menandakan semakin pentingnya Indonesia dalam perekonomian regional dan global.

Presiden Switzerland Global Enterprises Ruth Metzler-Arnold mengungkapkan pihaknya tertarik membuka Swiss Business Hub di Indonesia karena melihat pertumbuhan kelas menengah dan industri di Indonesia yang luar biasa.

Fasilitas ini terbuka bagi semua industri dari Swiss yang ingin mengembangkan sayap bisnisnya di Indonesia. Sebagai agen investasi resmi pemerintah, dia menuturkan Swiss Business Hub juga dapat membantu perusahaan di Indonesia yang ingin berusaha di Eropa dan Swiss tentunya.

Dia menegaskan pihaknya tidak mendorong industri tertentu untuk masuk dan invetasi ke Indonesia karena pemerintah Swiss tidak memiliki kebijakan yang membatasi hal itu dalam Swiss Business Hub.

"Kita ingin bekerja sama dengan dunia bisnis di Indonesia, tetapi tidak ada industri tertentu yang akan kita fokuskan," katanya.

Namun, dia menambahkan Switzerland Global Enterprises memberi dukungan bagi perusahaan kelas menegah untuk melakukan kerja sama atau menjadi mitra dagang dengan Indonesia. Melihat besarnya potensi pasar di Indonesia, dia berharap perusahaan kecil dari Swiss juga dapat bergabung.

Dari data Bappenas, nilai perdagangan Indonesia-Swiss telah mencapai US$2,9 miliar tahun lalu atau naik 70,58% menjadi US$1,7 miliar pada 2015.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper